Daftar QRIS Dengan Mudah Melalui Aplikasi sooltanPay di Era Perkembangan Digital

 


Perkembangan dunia digital saat ini sudah semakin maju. Kemajuan dan perkembangan teknologi di era digital seperti sekarang telah mengubah kebiasaan-kebiasaan, salah satunya kegiatan dapat dilakukan dengan mudah dan cepat yakni secara online. Hingga dalam transaksi jual beli atau metode pembayaran pun sekarang sudah dapat dilakukan secara digital seperti penggunaan Quick Response Code Indonesian Standard atau yang biasa kita kenal sebagai QRIS. Dengan daftar QRIS untuk mempermudah proses transaksi secara digital. 

Kita tidak dapat menghindari adanya kemajuan teknologi dalam era digital (Revolusi Industri 4.0) terutama dalam system pembayaran digital yang semakin pesat. Dengan adanya pembayaran secara digital dapat meminimalisir inflasi terhadap peredaran uang di masyarakat.

Pelaku UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah) sangat berkesempatan untuk daftar Qris  agar bisnis yang dijalankan dapat berkembang secara cepat. Salah satunya dengan daftar QRIS untuk mempermudah proses transaksi secara digital. 

Sekarang cukup mudah untuk menemukan berbagai gerai atau toko yang menyediakan metode pembayaran dengan menggunakan metode pembayaran cashless (non tunai). Inilah mengapa pelaku bisnis baik online maupun offline perlu daftar QRIS dan menggunakannya, semua transaksi keuangan dapat dilakukan hanya dengan smartphone. Kelebihan hingga cara membuat atau daftar QRIS untuk pembayaran usaha yang mudah dan praktis secara online. Bahkan sehari bisa langsung jadi, Cepat dan Mudahkan...

Daftar Isi

  1.   Apa itu QRIS
  2.   Siapa yang harus menggunakan QRIS
  3.   Kenapa harus menggunakan QRIS
  4.   Keuntungan menggunakan QRIS
  5.   Cara membuat QRIS di sooltanPay
  6.   Ketentuan yang ada di QRIS


Apa itu QRIS


QRIS (Quick Response Code Indonesian Standard) merupakan standar kode QR nasional untuk pembayaran digitalyang dapat dilakukan melalui berbagai platform, seperti dompet digital, aplikasi e-money server based, atau mobile banking.

Sistem dari QRIS sendiri yaitu menyatukan beberapa Kode QR yang berasal dari PJSP atau Penyelenggara Jasa Sistem Pembayaran sehingga transaksi digital yang dilakukan pun akan menjadi lebih mudah, aman, dan juga cepat. Tidak hanya itu QRIS juga berguna untuk memperkuat pertumbuhan ekonomi, memajukan UMKM, sekaligus memudahkan inklusi keuangan.

QRIS merupakan standar kode QR yang diluncurkan oleh Bank Indonesia dan Asosiasi Sistem Pembayaran Indonesia sejak 17 Agustus 2019 lalu. Tujuan QRIS dirancang untuk mempermudah dan efisiensi pembayaran dengan menggunakan kode QR yang telah distandarisasi di seluruh Indonesia.

Penggunaan QRIS akan menjadikan jual beli secara digital menjadi lebih cepat, mudah, dan aman. Stiker berbentuk kotak-kotak hitam dengan latar putih di meja kasir atau toko itulah sistem pembayaran elektronik pada QRIS yang dinamakan QR code. Teknologi ini merupakan serangkaian kode kotak-kotak yang dapat dipindai (scan) dengan smartphone atau perangkat lainnya. Dan salah satu kemudahan untuk daftar QRIS dapat melalui sooltanPay yang siap membantu anda untuk memiliki QRIS dengan sangat mudah.

Siapa yang harus menggunakan QRIS

daftar QRIS
Ilustrasi Penggunaan QRIS edited by yayukya

Ada banyak pihak yang saat ini memanfaatkan QRIS sebagai alat pembayaran. Selain pembeli atau konsumen, beberapa contoh pelaku usaha yang menggunakan QRIS antara lain adalah toko online, pasar tradisional, restoran, minimarket. 

QRIS dapat digunakan untuk pembayaran berbagai jenis transaksi, seperti pembelian barang dan jasa, pembayaran tagihan, dan transfer uang antar bank. Sangat memudahkan pengguna untuk melakukan transaksi tanpa harus membawa uang tunai. Siapapun dapat melakukan pembayaran dengan QRIS termasuk yang mempunyai ponsel dengan konektivitas data dan kamera serta akun pembayaran elektronik.

Kenapa harus menggunakan QRIS

Daftar QRIS merupakan terobosan baru yang sangat baik untuk lebih cepat mengembangkan usaha yang berjalan. Berikut beberapa alasan kenapa harus pakai QRIS

1. Hanya dengan 1 QRIS semua jenis pembayaran dapat dilakukan dengan mudah. Daftar QRIS di sooltanPay hanya membutuhkan proses pembuatan satu hari saja.

2. Seluruh pembayaran sudah terjamin keamanannya

3. Dengan menerima pembayaran melalui QRIS, dapat menerima pembayaran QR manapun sehingga konsumen merasa leluasa untuk melakukan pembayaran dengan aplikasi digital  yang dimiliki. 

Nah, sekarang pertanyaannya apakah pembayaran dengan QRIS ini aman? QRIS menggunakan standar kode QR yang sama di seluruh Indonesia, sehingga mempermudah konsumen dalam melakukan pembayaran. Selain itu, QRIS juga mengadopsi end-to-end encryption sehingga keamanan transaksi dapat terjaga.

Metode Transaksi Sebelum QRIS  

Merchant harus menyediakan beberapa aplikasi pembayaran di tokohnya. Konsumen yang membayar secara non tunai, harus memastikan bahwa aplikasi pembayaran yang dimilikinya harus tersedia pada merchant.

Metode Transaksi Sesudah QRIS

Merchant tidak perlu mempersiapkan banyak aplikasi pembayaran, hanya menyediakan satu QR Code di tokoh dan QR Code dapat di scan oleh konsumen dengan berbagai aplikasi pembayaran di smartphone 

Keuntungan menggunakan QRIS

daftar QRIS

Ilustrasi Penggunaan QRIS edited by yayukya


Ada banyak keuntungan yang bisa kamu dapatkan dengan menggunakan QRIS baik untuk pemilik usaha maupun pelanggan. Bagi pelanggan, QRIS akan memudahkan transaksi elektronik karena penggunaannya yang cukup simple dan cepat. Sebagai salah satu metode pembayaran QRIS akan maksimal kepada penggunanya. Tinggal buka kamera atau sistem pembayaran digital yang akan digunakan. Kemudian tunggu hingga layar selesai melakukan scan. Masukan angka atau nominal yang perlu dibayarkan. Klik kirim dan beres deh.

Selain itu, dari sisi pelaku usaha. Dengan menggunakan QRIS, pedagang dapat menerima pembayaran dari berbagai platform pembayaran digital dengan mudah. Pedagang tidak perlu lagi memiliki banyak perangkat pembayaran yang berbeda, karena QRIS dapat digunakan untuk semua jenis pembayaran elektronik. Keuntungan menggunakan QRIS yakni akan mempercepat proses transaksi digital dibandingkan dengan metode pembayaran menggunakan uang tunai. Anda tidak perlu menunggu kembalian dari pihak kasir dan proses pembayaran pun menjadi lebih higienis dan praktis.

Pelaku usaha atau merchant, menyediakan pembayaran QRIS akan memberikan beragam keuntungan. Anda tidak perlu lagi menyiapkan uang kembalian, biasa pengelolaan kas pun berkurang, terhindar dari penerimaan uang palsu, bahkan penjualan pun berpotensi meningkat karena Anda bisa menerima berbagai pembayaran dengan QR apa pun. Tak hanya itu saja, arus kas atau transaksi juga akan tercatat secara otomatis sehingga tidak perlu khawatir mengalami selip catatan.

Cara membuat QRIS di sooltanPay


Berikut Langkah-langkah yang perlu kamu lakukan untuk daftar QRIS di sooltanPay:

  1. Masuk ke halaman www.sooltanpay.id atau download dan install aplikasi sooltanPay melalui Google Play Store.
  2. Setelah muncul halaman utama, pilih “daftar” kemudian isi form yang dibutuhkan mulai dari nama lengkap, nomor handphone, dan kode referral. Bagian kode referral ini kamu biasa isi dengan “𝙋𝙍𝙊𝙈𝙊𝙌𝙍𝙄𝙎” untuk mendapatkan saldo modal usaha senilai Rp15.000,- (lima belas ribu rupiah) secara cuma-cuma.
  3. Setelah daftar tunggu dan masukan kode OTP yang kamu dapatkan melalui whatsapp ataupun pesan SMS.
  4. Jika sudah, kamu bisa membuat password untuk keamanan saat masuk ke aplikasi. Minimal password adalah 8 karakter.
  5. Selanjutnya, kamu perlu membuat PIN berupa 6 digit angka yang nantinya akan digunakan saat bertransaksi.
  6. Baca syarat dan ketentuan dengan cermat, kemudian klik setuju untuk lanjut.
  7. Langkah berikutnya, kamu cukup login dengan data nama pengguna, password, serta PIN yang sudah kamu buat.
  8. Selesai! Kamu sekarang terdaftar menjadi pengguna sooltanPay dan siap menggunakan QRIS.
 
Nah Tutorial lengkap tentang bagaimana mendapatkan QRIS-nya dapat melalui tutorial youtube https://www.youtube.com/watch?v=nfCnH6J6-4M


Setelah Anda terdaftar sebagai pengguna sooltanPay, kini Anda dapat melakukan upgrade akun untuk mendapat melakukan transaksi secara digital serta menikmati berbagai fitur menarik lainnya. Berikut beberapa langkah yang perlu dilakukan:

1. Pada halaman pertama sooltanPay Anda harus klik “upgrade akun”

2. Kemudian isi nama lengkap Anda sesuai KTP, nomor identitas sesuai KTP, upload foto KTP, dan juga foto diri dengan memegang KTP Anda

3. Berikutnya klik “Simpan”

4. Selanjutnya Anda perlu mengisi alamat rumah yang meliputi: Kabupaten, Kecamatan, Kelurahan, hingga detail alamat (Pastikan sudah sesuai KTP) kemudian klik “Simpan”

5. Setelah itu pada tahap rekening, silakan pilih bank penarikan sesuai daftar yang tersedia dan isi juga nomor rekening yang ingin digunakan sebagai penarikan saldo pendapatan atas transaksi digital di aplikasi sooltanPay (catatan: Nomor rekening ini tidak bisa diubah sehingga Anda perlu memastikan kebenarannya)

6. Kemudian silakan lakukan pengecekan ulang sebelum menyimpannya. Jika ingin diubah, silakan lakukan pengubahan pada masing-masing bagian. Apabila sudah, silakan klik “Simpan”

7. Berikutnya pada tahap Usaha atau Bisnis, silakan isi kelengkapan usaha atau bisnis Anda serta foto diri dengan latar belakang usaha atau bisnis milik Anda

8. Kemudian pada tahap alamat usaha, silakan isi detail alamatnya. Setelah sesuai cukup klik opsi “Gunakan Alamat Rumah” pada halaman ini. Lalu klik “Simpan”

9. Upgrade akun akan diproses dalam waktu satu hari kerja dan Anda dapat menunggu hingga upgrade selesai. Pastikan Anda menyalakan notifikasi sehingga akan mengetahui saat upgrade akun selesai.

Dengan beberapa langkah tersebut Anda sudah terdaftar sebagai mitra atau pengguna sooltanPay. Meski harus mengisi berbagai data, Anda tidak perlu khawatir karena sooltanPay menjamin kemananan, privasi, serta penggunaan data yang telah Anda masukkan. Anda juga bisa langsung menilik syarat dan ketentuan yang terperinci dan sangat menguntungkan dari sooltanPay secara langsung.

Ketentuan yang ada di QRIS

Saat ini, ada sekitar 15,7 juta bisnis yang sudah menggunakan pembayaran QRIS di seluruh Indonesia. Berkas yang wajib dimiliki untuk perusahaan adalah SIUP atau NIB, Akte Pendirian, NPWP perusahaan untuk badan hukum, NPWP pribadi untuk non-badan hukum terdaftar, serta KTP Penanggung Jawab. Khusus usaha perorangan bisa menggunakan KTP pemilik usaha/penanggung jawab.

Dalam era digital saat ini, QRIS menjadi salah satu solusi pembayaran yang praktis dan efisien bagi masyarakat Indonesia. Dengan menggunakan QRIS, pelaku usaha dapat menjangkau lebih banyak konsumen dan memudahkan transaksi pembayaran.Semakin banyaknya pihak yang menggunakan QRIS, masyarakat dapat semakin mudah mengakses layanan pembayaran digital dan memanfaatkannya dengan optimal. Termasuk dalam akselerasi bisnis bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) agar tetap bertahan dan berkembang di era digital. 

Ada pertanyaan lainnya? Jangan ragu untuk share di kolom komentar ya!

Daftar QRIS

 

Referensi

https://qris.id/homepage/ 

https://www.sooltanpay.id/syarat-dan-ketentuan

https://www.bi.go.id/QRIS/default.aspx#heading7

http://repository.stei.ac.id/

 

 

 

Post a Comment

0 Comments