5 Alasan Di Balik Pentingnya Menguasai Bahasa Inggris Dalam Dunia Kerja

5 Alasan Di Balik Pentingnya Menguasai Bahasa Inggris Dalam Dunia Kerja



Saat ini sudah menjadi hal yang lumrah bagi perusahaan terutama yang berasal dari luar negeri untuk menjadikan kemampuan bahasa Inggris sebagai kualifikasi wajib bagi karyawan baru.

Di tempat kerja yang mayoritas stafnya berbahasa Indonesia, apa pentingnya belajar bahasa Inggris? Oleh karena itu, agar lebih jelas dan memahami mengapa bahasa Inggris sangat penting di tempat kerja, yuk simak!

1. Menjadi Mahir dalam Wawancara Kerja

Misalkan kamu diminta menghadiri wawancara dengan perusahaan asing yang membuat iri sejak masih kuliah. Pastinya sangat bahagia!

Kemudian ketika sesi dimulai, kamu tiba-tiba menyadari bahwa orang-orang di ruangan menunggu berbicara dengan bahasa Inggris! Kamu akan merasa ragu untuk memulai dan menanggapi percakapan jika kemampuan bahasa Inggris kurang baik dan kurang percaya diri.

Sayangnya, wawancaranya ternyata dalam bahasa Inggris!

Ini yang pepatah bilang, sudah jatuh tertimpa tangga pula!

Kesempatan yang ditunggu bertahun-tahun akhirnya lenyap begitu saja. Sayang sekali, kan? Namun realita tersebut tidak akan terjadi seandainya kecakapan berbahasa Inggris kalian cukup baik.

Kalian bisa dengan penuh percaya diri berkomunikasi dengan siapapun, di setiap kesempatan. Termasuk melalui sesi wawancara seleksi kerja dengan percaya diri!

2. Tingkatkan Kecepatan Karier

Apakah kamu sudah bekerja bertahun-tahun tetapi belum dipromosikan? Mungkin kemampuan bahasa Inggris perlu ditingkatkan.

Dengan kecakapan Bahasa Inggris yang lancar kalian bisa melakukan presentasi tentang ide dan gagasan kalian dengan lebih baik.

Bisa menghadapi klien asing tanpa mengkhawatirkan terjadinya perbedaan pendapat dan bahkan membuat perusahaan lebih efisien karena tidak perlu merekrut karyawan asing tambahan.

Hal-hal di atas tentu membuat perusahaan bahagia dan membuatmu menjadi karyawan yang bernilai lebih bagi perusahaan!

3. Memperluas Jaringan Kerja

Hanya mereka yang memiliki keahlian tertentu yang dapat memperoleh peluang.

Mengingat jejaring global tentu saja menguasai Bahasa Inggris dengan lancar adalah kecakapan dasar yang dibutuhkan.

Nah, tunggu apalagi?

Ayo, tingkatkan kemampuan Bahasa Inggrismu dan jadi bagian dari jaringan global!

4. Memperluas Pengetahuan

Memang benar bila ada yang mengatakan bahwa kemampuan berbahasa Inggris bukanlah satu-satunya tolok ukur kecerdasan.

Namun tahukah kamu bahwa menguasai bahasa Inggris telah membuka peluang untuk mendapatkan lebih banyak pengetahuan dibandingkan kebanyakan orang?

Dengan kemampuan bahasa Inggris yang baik, dapat membaca banyak informasi dengan lebih leluasa, mendownload buku elektronik berbagai topik dari Internet.

Apalagi banyak sekali buku-buku menarik berbahasa Inggris yang belum diterjemahkan ke dalam Bahasa Indonesia.

Kalian bisa mengaksesnya dengan mudah dalam bentuk hard copy atau e-book jika kalian memahami Bahasa Inggris dengan baik.

Ketika kalian memiliki wawasan luas terutama di bidang karir yang kalian geluti tentu saja tidak menambah rasa percaya diri namun juga menjadi modal yang berharga untuk kalian memperoleh nilai lebih sebagai karyawan!

5. Menjaga Hubungan Dengan Atasan dan Rekan Kerja

Jika kalian bekerja di perusahaan multinasional atau bekerja di bidang yang bersentuhan langsung dengan dinamika global, tentu ada kemungkinan kalian memiliki atasan atau rekan kerja yang multikultural.

Untuk bisa berkomunikasi dengan lancar baik saat di tempat kerja maupun di luar jam kerja maka Bahasa Inggris sebagai bahasa internasional adalah satu-satunya kunci.

Kompetensi harus dimiliki setiap orang sebagai dasar untuk memasuki dunia kerja yang semakin hari kian kompetitif. Salah satu kompetensi yang sering disebut di era globalisasi dan perkembangan teknologi ini adalah kompetensi Bahasa Inggris.

Meskipun penting, menguasai bahasa Inggris bukanlah tugas yang mudah. Persaingan di dunia kerja global sangat ketat, dan banyak individu yang memiliki kemampuan bahasa Inggris yang kuat bersaing untuk posisi-posisi penting.

Oleh karena itu, penting untuk berinvestasi waktu dan usaha dalam memperbaiki keterampilan berbahasa Inggris melalui kursus, pelatihan, atau pengalaman kerja internasional.

Nah, sampai di sini bagaimana?

Jelas sekali kan betapa pentingnya kemampuan Bahasa Inggris yang baik bagi karyawan di tempat kerja.

Referensi: https://blog.linguo.id/post/5-alasan-di-balik-pentingnya-menguasai-bahasa-inggris-dalam-dunia-kerja

Post a Comment

0 Comments