Artificial Intelligence untuk Bisnis Pemula

 

freepik

Implementasi  AI  dalam  berbagai  sektor  kehidupan memberikan  dampak  yang positif,  AI  mampu  menjawab  berbagai  masalah kondisi terkini  namun  disisi  lain  AI  juga  merupakan  ancaman  bagi  sumber  daya  manusia karena  banyak  pekerjaan  manusia  perlahan-lahan  mulai  digantikan  AI.  

Di Masa  depan perkembangan AI akan semakin super canggih oleh karena itu  masyarakat harus terus mengupgrade dirinya mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan khususnya dibidang teknologi  serta  mengcreate  dirinya  sekreatif  mungkin sehingga  sulit  digantikan  AI. Pada  hakikatnya  AI  memang  bisa  menggantikan  beberapa  pekerjaan  manusia  namun AI  tidak  akan  pernah  bisa  menggantikan  sisi  emosional  manusia.

 

Kegunaan Artificial Intelligence Bagi Bisnis


Mendukung Layanan Pelanggan 24 Jam

Bisnis tidak akan sukses jika tidak mengutamakan kepuasan pelanggan. Baik dari segi pelayanan maupun kualitas jasa atau produk yang ditawarkan. Untuk pelayanan pelanggan atau customer service, akan terbantu dengan penerapannya pada AI.

Layanan pelanggan dengan teknologi AI dapat menghemat anggaran biaya. Perusahaan tidak perlu menambah karyawan agar bisa melayani konsumennya selama 24 jam. Perusahaan hanya perlu menerapkan aplikasi berteknologi AI seperti virtual assistant, peta, lokasi tempat, layanan yang tersedia, dan lainnya. WOw Banget sih ....

Meningkatkan Penjualan Produk/Jasa

jocomi

Apa sih yang gak menarik dari ini, Iklan sangat efektif untuk meningkatkan jumlah pelanggan dan memperluas pasar dari produk suatu bisnis. Guna artificial intelligence di sini bisa berupa optimasi iklan agar pesan tersampaikan kepada target pasar.

Pemasangan iklan dengan bantuan AI sangat berguna untuk meningkatkan keterikatan konsumen dengan produk-produk kita, meningkatkan loyalitas, hingga akhirnya meningkatkan jumlah penjualan atau konversi.

 

Media Sosial

Artificial intelligence bisa digunakan untuk mengenali gambar visual yang melanggar syarat dan ketentuan platform. Kamu bisa tetap menikmati konten favorit tanpa perlu terganggu konten negatif ya.

 

E-Payment

Kamu sudah bisa mendapatkan akses ke dompet digital dengan bantuan artificial intelligence.

Nah, software e-payment merupakan salah satu bentuk nyata dari teknologi AI yang bisa membantu membuka akun, melakukan penyetoran dan transfer uang dari mana saja. Inovasi ini juga membantu menjaga keamanan, manajemen identitas dan menjaga privasi pengguna.

Apabila ditemui aktivitas yang tidak biasa pada akun e-payment, artificial intelligence juga bisa memberikan peringatan. Kamu akan diminta verifikasi atas transaksi yang berlaku. Tentu teknologi ini berguna untuk mencegah penipuan pada software bank digital ya.

 

Semoga bermanfaat ....

 







Referensi

https://dqlab.id/konsep-artificial-intelligence-and-machine-learning

Post a Comment

0 Comments