Mulai dari Nol Untuk Menuangkan Ide

 Open Your Mind

Banyak buku buku seller di luar sana yang telah memiliki banyak penggemar pembaca bagaimana dengan kita yang sebenarnya sudah mampu untuk berpikir yang realita tentung sebuah ide yang sebenarnya sangat mampu untuk di baca oleh kami.

Ada yang bercerita tentang bagaimana sebenarnya memulai yaitu sebelum kita membahas tentang bagaimana cara menulis? sedikit ilmu yang mari kita memulai dari pertanyaan WHY (mengapa kita menulis?). Pertanyaan HOW itu lebih bersifat teknis dan jawabannya cenderung mudah dipelajari melalui proses latihan, sedangkan pertanyaan WHY itu lebih filosofis dan berhubungan dengan nilai, visi dan misi hidup kita di dunia.

Bagaimana saya mampu menuangkan ide dalam sebuah tulisan di mulai dari kegiatan writer yang aku jalani saat ini. Mencoba berpikir kalau tulisan apa yang aku akan tulis hari ini.

It' okey ada sesuatu hal yang perlu aku sampaikan kalau kegiatan sehari-hari dapat memberikan sedikit bahan bacaan untuk di pelajari kedepannya.


 

Alasan mengapa kita menulis bisa sangat beragam, misalnya:

  1. Orientasi Material yaitu tujuannya mengejar uang, bisa dari royalti, fee pembicara dan semacamnya. Apalagi jika berhasil menulis novel yang sampai diangkat ke layar lebar.
  2. Orientasi Eksistensial yaitu tujuannya mengejar popularitas dan pengakuan dari masyarakat.
  3. Orientasi Personal yaitu bersifat lebih pribadi dengan tujuan untuk mencurahkan atau mengekspresikan perasaan, pengalaman atau kisah pribadi agar dapat dibaca oleh orang. Hal ini sebenarnya yang sangat orisinal buat ibu ibu yang memiliki kemampuan untuk bercerita misalnya.Bagi sebagian orang, kegiatan menulis bertujuan untuk mencapai self-awareness dan self-development.
  4. Orientasi Sosial yaitu tujuannya untuk mempengaruhi atau mengubah cara berfikir masyarakat serta membangun peradaban. Yah kalau bisa merubah pemikiran pemikiran yang kurang tepat akan suatu masalah misalnya  
  5. Orientasi Spiritual yaitu tujuannya untuk beribadah dan memperoleh pahala dengan mengajak pembaca melakukan perbuatan baik.  

 

Bemana dengan kalian apakah alasan di atas menjadi salah satu alasan itu? Mari kita saling sharing dengan memberikan komentar.

Dalam proses tulis-menulis, tujuan pragmatis seperti untuk mendapatkan materi atau memburu popularitas merupakan motivasi yang sah-sah saja buat kita sebagian.Intinya, apapun alasan dan tujuan kita menulis, sebaiknya kita tentukan terlebih dahulu alasan yang paling sesuai dengan nilai, passion, latar belakang dan pandangan hidup kita. So, decide your own  

WHY!  

Post a Comment

1 Comments

Silahkan berikan komentar anda di artikel ini,sesuai dengan apa isi dari artikel.