Investasikan Pada Hobi Menulis Melalui Blog

Investasikan Pada Hobi Menulis Melalui Blog

ilustrasi ruang menulis by pixabay.com/lachkegeetanjali


Saya selalu mendapat pengalaman baru dan menarik menjadi seorang penulis. Apa mimpinya? Tapi saya bingung mau membawa hobi menulis saya kemana.

Terdapat perbedaan yang signifikan dalam perkembangan Internet antara dulu dan sekarang. Inilah sebabnya kami menggunakan perangkat ini saat ini seperti sekarang.

Seiring kemajuan teknologi, kita semakin mudah untuk berbagi hobi bahkan bisa mendapatkan uang. Ketersediaan smartphone dan dukungan internet semakin memudahkan aktivitas online kita. 

Termasuk mereka yang mempunyai hobi menulis. 

Pertimbangkan untuk memulai sebuah blog 

Anda juga bisa menghasilkan uang dengan ngeblog. Namun untuk mencapai hasil memerlukan usaha dan konsistensi.

Proses memulai membuat blog memakan banyak waktu bagi saya lalu bisa menghasilkan uang dari menulis. Tergantung usaha masing-masing orang.

Saat itu saya hanya ngeblog sebagai hobi. Topik diskusi saya adalah minat saya dalam menulis. Jadi saya tidak terlalu terobsesi dengan penghasilan.

Jika Anda suka menulis dan ingin menyalurkan hobi menulis Anda, cobalah membuat blog. Ada banyak platform blogging yang dapat dipilih saat memulai sebuah blog. 

Di Indonesia WordPress dan Blogger sudah cukup terkenal. Saya membuat blog sendiri di platform Blogger karena lebih mudah digunakan untuk pemula dan harganya cukup murah dibandingkan WordPress.

Ingat kedua hal ini platform pasti memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Jadi sesuaikan saja dengan kemampuan finansial kita.

Pilih topik blog

Sebelum memutuskan untuk membuat blog, Anda harus tahu apa tujuan ngeblog. Topik mana yang akan dibahas selanjutnya.

Apakah Anda fokus membahas topik spesifik atau gratis sesuka Anda. Namun banyak juga yang mengatakan bahwa Google menyukai website dengan topik tertentu. 

Itu menunjukkan kepiawaian penulisnya. Dari pengalaman ya. Blog dengan topik tertentu lebih mudah menarik pembaca karena secara implisit kita telah menentukan target pembacanya.



Buat blog 

Anda Saatnya membuat blog. Membuat blog tidaklah sulit. Cukup masukkan alamat email Anda dan daftar di platform pilihan Anda. 

Blog teman sudah siap. Tapi masih versi gratis. Blog dengan domain berbayar berakhiran adc.com atau abc.id dll. 

Keuntungan menggunakan nama domain berbayar adalah kita terlihat lebih profesional dan kedepannya bisa kita manfaatkan untuk mengikuti lomba menulis atau berkolaborasi dengan brand.

Desainnya menyempurnakan dan melengkapi blog

Desainnya menyempurnakan dan melengkapi blog. yang sudah jadi harus dipercantik tampilannya dan menyediakan navigasi agar menyenangkan dan mudah dibaca.

Banyak templat berbeda yang tersedia, baik templat gratis maupun berbayar. Senang sekali bisa bekerja dengan model ini. Mengubah tampilan blog agar sesuai dengan fitur yang ingin kita tampilkan.

Saat kita mulai menghiasi blog, kita mengalami emosi yang meningkat. 

Publikasikan Karya Anda 

Saatnya membuat blog dan mempublikasikan hasil tulisan Anda. Kami mengekspresikan pandangan kami di sini. hobi menulis kami. Kita bisa berbagi informasi, cerita bahkan cerita pendek dalam bentuk tulisan.

Kemahiran menulis kami tumbuh seiring transisi dari menulis ke blogging. Ini seperti blogging - kami membuka pintu ke dunia penulisan. Kita hanya perlu mengembangkan dan menyalurkan bakat yang kita miliki. Selain tulisan, tambahkan foto atau gambar menarik pada karya Anda. Tarik perhatian pembaca Anda dengan konten tertulis yang relevan dan judul yang menarik.

Bagikan blog Anda dengan orang lain

Bagikan blog Anda dengan orang lain.  kita membutuhkan iklan untuk menarik pengunjung. Ya, blog juga seperti itu. Untuk menarik pembaca, kita perlu memperkenalkan blog kita kepada teman atau saudara.

Gunakan media sosial untuk mempromosikan postingan blog Anda. Jika blog semakin populer, pengunjung juga akan semakin banyak. Hal ini tentu menjadi sumber kebahagiaan bagi kami para penulis.

Monetisasi

Ada banyak cara untuk memonetisasi blog kita. Anda bisa mendaftarkannya ke Google AdSense dan mendapatkan dollar. Anda juga dapat membuka layanan lainnya.

Dimanapun merupakan sumber penghasilan potensial melalui blogging.

Kesimpulan

Ada banyak cara untuk menyalurkan hobi menulis Anda. Di era digital ini, blogging adalah salah satu metode yang saya terapkan selama ini.

Saya menggunakan blog untuk meningkatkan kemampuan menulis saya. Membuat blog tidaklah sulit. Ada banyak tutorial tentang cara memulai sebuah blog.

Mengingat kegemaran mom,guys dan teman-teman dalam menulis, rasanya tidak bijak jika kita tidak mencoba membuat blog dan menghasilkan karya yang kita tulis.

Meskipun saat ini banyak media online yang menawarkan peluang menjadi penulis. Namun rasanya berbeda ketika kita menulis di blog kita sendiri.

Post a Comment

0 Comments