Cappadocia Kota di Turki Sempat Viral di Kisah Layangan Putus, Ini 6 Aktivitas Seru yang Dapat dilakukan

Kota Cappadocia yang berlokasi di Turki sedang ramai di bahas karena sempat viral dalam kisah series Layangan Putus di media sosial. Kota Cappadocia kini menjadi kota romantis yang didambakan oleh semua orang.

yayukya cappadocia
pict by thrilis

Para wisatawan yang berkunjung ke Turki, mesti mengunjungi kota ini. Ketika sedang berada di Cappadocia, seolah-olah kita sedang berada pada zaman Fred Flintstones si manusia gua. Lalu, seberapa indah sih pesona dari kota romantis ini? Yuk simak ulasan lengkapnya!

Mengenal Kota Indah Cappadocia

Kota Cappadocia menurut ensiklopedia Britannica merupakan distrik kuno di timur Anatolia yang terletak pada dataran tinggi di utara Pegunungan Taurus, pusat Turki. Kota Cappadocia merupakan destinasi wisata yang tergolong unik.

Kota Cappadocia awalnya ditemukan dan dibentuk oleh bangsa Het yang berasal dari kerajaan Hittites lebih dari 3 ribu tahun yang lalu. Kerjaan ini menjadi salah satu imperium termaju pada masa kuno yang berkuasa dari 1700 SM hingga 1190 SM.

Cappadocia berasal dari bahasa lokal yang disebut Kapadokya berarti Land of Beautiful Horses atau negeri dengan kuda-kuda yang indah. Wilayahnya berlokasi di lembah, ngarai dan terdapat formasi bebatuan unik yang tercipta karena adanya hujan dan angin yang mengikis permukaan selama ribuan tahun.

Batuan ini terjadi akibat erupsi dari gunung merapi pada 2 milyar tahun yang lalu sehingga terjadi proses erosi alami oleh angin dan air secara terus menerus di perbukitan Cappadocia. Penduduk terdahulu memahat batu dan menggali tanah untuk menjadikannya tempat tinggal seperti di dunia lain.

Gejala alam yang terjadi berabad-abad silam menghaluskan permukaan atap-atap rumah di Cappadocia. Gejala alam ini akhirnya menghasilkan bentuk unik bernama fairy chimney atau cerobong peri. Bentuknya berupa-rupa, ada yang seperti jamur, topi, kerucut dan runcing.

Selain terdapat bebatuan vulkanik lunak yang indah, lanskap cantik Cappadocia juga menampilkan keindahan gereja-gereja batu hingga terowongan bawah tanah yang merupakan tanah kompleks dari era Bizantium dan Islam yang tersebar di area pedesaan.

Di sini, wisatawan dapat melihat bangunan yang mayoritas terbuat dari bebatuan hasil pahat pada zaman dahulu. Terdapat struktur kota bawah tanah atau underground city yang merupakan bangunan dengan mencapai tingkat 11 ke bawah.

Kota bawah tanah di Cappadocia mampu dijadikan sebagai tempat tinggal bagi ribuan warga. Jadi, tidak heran jika Kota Cappadocia Turki masuk ke dalam salah satu UNESCO World Heritage Site.

Liburan Seru di Kota Cappadocia

Tempat ini menawarkan banyak sekali aktivitas bagi para wisatawan yang berkunjung. Kita dapat menikmati matahari terbenam dengan pemandangan batu-batuan unik nan eksotis. Jika Anda tertarik mengunjungi kota cantik nan historis ini, ada beberapa aktivitas seru yang bisa Anda lakukan seperti naik balon udara hingga tidur di kamar hotel berkonsep gua.

1.  Balon Udara Cappadocia


Ketika mendengar kota Cappadocia, wisatawan akan mengingat wisata balon udara yang memang merupakan destinasi paling populer di sini. Anda bisa menaiki balon udara di Goreme National Park untuk melihat pemandangan yang sangat indah.

Balon udara Cappadocia merupakan wilayah tujuan hot air balloon nomor satu di dunia. Saat matahari terbit, ada ratusan hot air balloon warna warni yang melayang mulus di atas gua bersejarah di Goreme National Park, yang mungkin hanya bisa disamakan dengan pemandangan di dalam dongeng.

Tidak hanya pemandangannya yang luar biasa, tetapi juga sangat istimewa saat kamu terbang ke langit dengan begitu banyak balon lain di sekitarnya.

Hot air balloon yang merupakan salah satu wisata primadona di kota Cappadocia menawarkan para wisatawan untuk melihat keindahan batuan vulkaniklastik pada ketinggian yang mencapai 40 meter.

2. Hiking Lewat Gereja Gua di Lembah Ihlara

Lembah Ihlara yang memiliki panjang sekitar 16 km ini pertama kali dihuni oleh para biarawan Bizantium di abad ke-7. Lembah ni merupakan tempat wisata yang tepat jika Anda ingin mempelajari kisah sejarah Kristen di Cappadocia.

Terdapat sekitar 50 gereja kuno yang dibangun di dalam gua-gua alam dan tersebar sepanjang rute lembah. Gereja-gereja tersebut juga memiliki keunikannya tersendiri.

3. Menikmati Matahari Terbenam di Kastil Uchisar

Terdapat banyak tempat klasik yang bisa dikunjungi untuk menikmati suasana matahari terbenam atau sunset di kota Cappadocia. Salah satu yang paling terkenal adalah Kastil Uchisar, kastil yang dibangun di atas batu yang menjulang tinggi 60 meter di atas pemukiman yang ada di bawahnya.

Area-area di sekitar Kastil Uchisar dipenuhi dengan banyak sekali formasi batuan peri cerobong asap yang sangat populer di kota ini. Tentunya akan sangat berkesan jika Anda bisa menikmati suasana sunset di Kastil Uchisar.

4. Bermain dengan Flamingo di Danau Garam

Danau Garam atau Tuz Golu membutuhkan waktu beberapa jam perjalanan ke barat laut Kapadokya untuk dikunjungi. Tepi danaunya ditutupi dengan kerak-kerak asin yang membuat permukaannya tampak seperti lapisan es. Selain itu, pada bulan Agustus, flamingo yang bermigrasi berhenti untuk bertelur dan menetaskan anaknya di sekitar danau.

5. Merasakan Tidur di Dalam Gua

Jika berkunjung ke kota yang disebut-sebut pada drama series Layangan Putus ini, ada destinasi wisata yang menjadi daya tarik tersendiri, yakni bermalam di penginapan yang berlokasi di dalam gua.

pict by nawas

Meningkatnya popularitas wisata Cappadocia memberikan perkembangan yang pesat pula bagi sektor perhotelan. Sudah banyak hotel yang berlokasi di gua-gua dan di antaranya memiliki fasilitas yang sangat mewah.

6. Kunjungan ke Guray Museum

Berkunjung ke kota Cappadocia kurang lengkap jika tidak menyempatkan waktu untuk mampir ke Guray Museum yang penuh dengan koleksi tembikar di dalamnya. Hal unik lain dari museum ini adalah lokasinya yang terletak di bawah tanah.

Guray Museum menjadi museum keramik pertama dan satu-satunya di dunia yang berada di bawah tanah. Ruang pameran pada museum ini dipahat dari batu dan terletak 20 meter di bawah permukaan tanah.

Masih banyak lagi aktivitas yang bisa Anda lakukan di kota Cappodica seperti menikmati anggur lokal, makan kebab, dan berkemah. 

 

Semoga Bermanfaat.....

 

Post a Comment

2 Comments

  1. Menarik sekali objek wisata di kota Cappadocia ya kak. Aaa jadi kepengen suatu saat dapat berkunjung dan menjelajah kota Cappadocia yang cantik dan penuh dengan jejak sejarah

    ReplyDelete
  2. review kota ini aja udah merasa bisa kesana...Amiiin

    ReplyDelete

Silahkan berikan komentar anda di artikel ini,sesuai dengan apa isi dari artikel.