Manfaat Konsumsi Buah Bagi Tubuh Perlu Diketahui

 


Manfaat konsumsi buah bagi tubuh berasal dari kandungan nutrisi seperti mineral dan vitamin, simak informasinya!

 

Manfaat konsumsi buah bagi tubuh berasal dari kandungan nutrisi seperti mineral dan vitamin. Bahkan, ada juga buah yang seratnya tinggi, sehingga cocok dimasukkan ke dalam menu diet harian.

Sebagian besar buah-buahan memang sebagai sumber antioksidan paling terbaik. Senyawa ini sangat dibutuhkan oleh tubuh sebagai pelindung dari radikal bebas yang berbahaya.

Manfaat Konsumsi Buah Bagi Tubuh

Mengonsumsi beberapa jenis buah dalam jumlah yang pas, merupakan cara terbaik untuk menjaga kesehatan sekaligus menghindarkan tubuh dari risiko berbagai macam penyakit. Buah dan sayuran dikenal sebagai sumber makanan dengan kepadatan nutrisi paling tinggi.

Akan tetapi, kandungan kalorinya sangat rendah. Mengonsumsi buah-buahan yang segar dianjurkan untuk memenuhi asupan nutrisi setiap hari.

Menurut badan kesehatan dunia atau WHO, seseorang dianjurkan untuk menyantap buah dan sayur sekitar 400 gram per hari agar tubuhnya tetap sehat. Di bawah ini merupakan manfaat konsumsi buah bagi tubuh jika rutin memakannya secara teratur: 

1. Sumber Mineral

Sebagian besar jenis buah yang segar pasti rendah lemak dan kalori. Namun, kandungan mineralnya sangat tinggi.

Mineral sama seperti kalsium dan zat besi yang memiliki peran krusial dalam menjaga kesehatan tubuh. Mineral ini dibutuhkan untuk membangun tulang dan gigi yang kuat.

Selain itu, juga mengontrol cairan tubuh di dalam dan diluar sel, dan mengubah makanan yang dimakan menjadi energi. Jadi, manfaat konsumsi buah bagi tubuh salah satunya, yaitu sebagai solusi menjaga asupan mineral. Misalnya saja seperti magnesium, seng, fosfor dan asam folat. 

2. Melancarkan Pencernaan

Rata-rata buah yang segar pasti rendah kalori dan lemak, berarti bisa makan lebih banyak. Hal ini bisa membuat perut merasa kenyang.

Manfaat konsumsi buah bagi tubuh yang perlu diketahui, yaitu bahan pangan ini cocok sekali untuk menu diet sehat. Buah ini juga mempunyai banyak kandungan serat dan air. Mengonsumsi buah seperti apel dan jeruk agar rasa kenyang di perut terasa lebih lama. 

3. Kaya Antioksidan

Antioksidan merupakan salah satu senyawa yang membantu mempertahankan sel-sel dari kerusakan akibat molekul berbahaya. Sel-sel dikenal sebagai radikal bebas.

Buah-buahan seperti anggur, semangka, ceradan sebagian besar jenis berry merupakan sumber antioksidan. Hanya dengan mengkonsumsi secara teratur, maka manfaat konsumsi buah bagi tubuh untuk menangkal radikal bebas dapat dirasakan. 

4. Mampu Melindungi Tubuh 

Sebagian buah-buahan mengandung fitokimia, merupakan zat aktif biologis yang bisa membantu melindungi tubuh dari beberapa penyakit. Rutin memakan buah-buahan.

Selain itu, kandungan vitamin C yang ada pada buah busa menjaga jaringan di dalam tubuh. Selain itu, juga akan membantu proses penyerapan zat besi. 

5. Menjadi Sumber Asupan Vitamin

Kandungan vitamin dari buah-buahan segar ini sebenarnya mengesankan. Hal inilah yang menjadi alasan mengapa masyarakat sangat dianjurkan untuk mengonsumsi buah setiap hari.

Biasanya, orang yang rajin mengonsumsi buah mempunyai penurunan risiko beberapa penyakit kronis. Buah-buahan akan memberikan nutrisi penting untuk kesehatan serta pemeliharaan tubuh.

Anda tidak akan mudah menemukan sumber nutrisi yang bagus untuk tubuh selain pada sayuran maupun buah. Saat ini hampir semua jenis buah-buahan sudah menyediakan vitamin A, B, C, dan E.

Sebagian besar nutrisi di dalam buah-buahan segar yaitu antioksidan. Sebagai contoh bisa mengonsumsi blueberry, buah yang mempunyai antioksidan tinggi. 

6. Menyehatkan Tubuh

Manfaat konsumsi buah bagi tubuh terakhir, yaitu bisa menjaga kesehatan badan. Hal ini agar tetap berenergi, dan tidak mudah lelah.

Kombinasi konsumsi buah-buahan yang segar bisa mengurangi peradangan, serta menurunkan kadar kolesterol. Tidak hanya itu saja, meskipun mengandung gula, namun buah segar utuh dikemas dengan nutrisi.

Misalnya saja seperti vitamin dan serat yang akan memberikan dampak positif bagi kesehatan. Jadi manfaat konsumsi buah bagi tubuh sangat beragam.

Post a Comment

0 Comments