Jenis Daging untuk Steak dan Perbedaannya

Hai mom,guys dan teman-teman

ada beberapa jenis daging steak yang berbeda-beda....

by yayukya

Steak merupakan makanan yang dapat diolah dari daging sapi yang diberi bumbu lalu coba di panggang di dalam oven dengan tingkat suhu tertentu, ditambah dengan beberapa pelengkap atau makanan tambahan seperti kentang goreng, salad sayur dan bumbu khas yang membuat steak menjadi makanan favorit.

Nah, kalau sedang beli steak ada yang namanya sirloin, tenderloin, rib eye, apa bedanya sih? buat kamu yang belum tahu bagian-bagian daging sapi yang biasa untuk membuat steak ini. Biar gak salah pilih lagi kalau lagi jajan steak. Ataupun buat referensi, kali aja mau masak steak buat di rumah.


Sirloin


Sirloin adalah bagian daging sapi khas luar atau bagian punggung luar dekat paha belakang. Daging dirloin terasa lebih keras dibandingkan dengan tenderloin. Namun, citarasa steak sirloin cukup unik karena memiliki lemak yang menempel di salah satu sisi atau sekeliling daging yang membuat rasanya lebih gurih.

Tenderloin

 

Tenderloin disebut juga daging has dalam. Bagian daging yang diambil merupakan bagian dalam ke belakang badan sapi yang dekat dengan ekor. Nah, tenderloin mempunyai tekstur yang lembut setelah diolah, sesuai dengan namanya "tender". Selain lembut, tenderloin mempunyai kadar lemak yang rendah jika dibandingkan dengan sirloin.Daging ini terletak di bagian tengah badan sapi dan hampir selalu ada di setiap restoran. Banyak disukai karena daging ini punya tekstur yang paling lembut. Jika dibandingkan dengan daging lainnya, bagian ini paling mudah untuk dinikmati karena mudah dikunyah dan ditelan.

Teksturnya yang lunak membuat tenderloin ini juga sangat mudah untuk dimarinasi. Jadi bumbu marinasi bisa lebih mudah meresap ke dalam bagian daging dan membuat rasanya jadi jauh lebih enak. Tapi catat juga ya, daging jenis ini punya harga yang terbilang pricy. Selain itu biasanya tenderloin juga disajikan dalam ukuran yang kecil jadi akan terasa semakin mahal.

Rib Eye

Rib eye atau biasa disebut Fillet Scotch merupakan bagian daging sapi yang terletak di sekitar tulang iga atau tulang rusuk. Rib eye punya banyak lemak pada dagingnya yang membuat daging lebih lezat dan menghasilkan rasa yang juicy.

Tak hanya lezat, daging rib eye biasanya dipotong dalam ukuran yang besar lho. Itulah sebabnya jenis steak ini menjadi salah satu kegemaran para pecinta steak.

Lanjut ke jenis daging berikutnya yaitu rib eye. Tipe daging ini cukup mudah dijumpai di berbagai restoran. Rib eye adalah daging yang didapatkan dari potongan tulang rusuk sapi.

Nah, ternyata daging rib eye ini punya kandungan lemak total yang begitu banyak. Itulah mengapa rib eye punya aroma yang jauh lebih nikmat. Teksturnya pun terasa lebih lunak dan juicy. Jenis daging ini memang sangat cocok untuk disajikan dalam bentuk steak. Jika Sayurfriends kesulitan menemukan rib eye di daftar menu, coba cari saja nama lainnya yaitu fillet scotch steak.

Chuck

 

Bagian yang diambil dari bagian leher hingga ke bagian atas paha sapi ini mempunyai teskturnya yang kenyal. Selain itu bagian ini mempunyai tekstur yang berurat serta kasar sehingga kamu juga memerlukan waktu yang cukup lama untuk membiarkan dagingnya menjadi lebih empuk.

Flank

 

Jenis daging steak satu ini didapatkan dari bagian otot perut sapi. Dari segi bentuknya, bisa dikenali flank ini berbentuk panjang dan datar. Tidak sama seperti tenderloin dan sirloin, jenis daging ini tidak begitu mudah dijumpai di restoran-restoran. Jadi terbilang cukup unik dan peminatnya juga kurang begitu banyak.

Review Waroeng Steak and Shake 

Waroeng Steak and Shake, Steak ala Indonesia

Waroeng Steak and Shake ini Selain karena tempatnya yang meriah dan yakin menu-menu disinipun terbilang enak, ada yang unik dari restoran steak yang merakyat ini. Waroeng Steak and Shake pas banget sama karakternya orang Indonesia.

Ada menu yang special dan baru yaitu Beef Bulky

ad juga menu makanan Chicken Steak, yaitu : Chicken Double Steak, Chicken Mushroom Steak, Cheese Wedges, Milkshake Strawberry, Honey Lime Ice. 

 

Beef Bulky : Bumbunya Meresap Sempurna

Steaknya disajikan dengan porsi jumbo, sauce steaknya enak, dan side dish dari wortel, kacang polong, jagung, serta potatao wedges-nya juga enak.

Dagingnya matang sempurna dan lembut ketika dipotong. Worth banget dengan harga 30 ribuan sudah dapat makanan enak yang mengenyangkan ini. 


 

Beef Bulky Steak ini juga menjadi menu special di Waroeng Steak and Shake. Steak ini terbuat dari daging sapi, ditaburi mushroom sauce dan beberapa side dish yang sama seperti Chicken Double Steak. 

Ketika dipotong, dagingnya juga matang sempurna dan tidak alot. Bumbu dari sauce mushroomnya juga meresap sempurna. Karena porsinya lebih kecil dari Chicken Double Steak, beef bulky ini bakalan lebih mengenyangkan jika dimakan dengan nasi putih. 

Tidak hanya menyajikan Chicken Steak, Waroeng Steak and Shake juga menyediakan varian menu yang beragam, seperti steak dari daging sapi, steak ikan, rice box dan menu lain yang murah meriah. Sauce steak-nya juga ada dua varian, yakni : brown sauce dan cheese sauce.

Semoga bermanfaat.
 

Post a Comment

0 Comments