Sajian Menu Sate Kuliner Khas Nusantara, Dengan Cita Rasa Lokal yang Menggugah Selera

 

Pixabay.com
Sate Kuliner Nusantara (Pixabay.com)

Ada berbagai cara pengolahan dalam masakan nusantara. Ini adalah salah satu daya tarik dari setiap makanan yang disajikan. Salah satu makanan olahan yang paling populer adalah sate.

 

Tidak hanya orang Indonesia, turis mancanegara juga menyukai sate. Ternyata jenis sate ini ada bermacam-macam. Ingin tahu mana yang harus anda coba? Ini daftarnya. 

 

1. Sate Madura

Sate Madura bisa dikatakan sebagai masakan nusantara yang terdapat di beberapa daerah.

Sate Madura menggunakan daging ayam, sapi atau kambing yang disajikan dengan kuah kacang yang kental.

Rasa asin kacang tanah dan cabainya berpadu serasi dengan potongan daging sapi di tusuk sate. Biasanya enak dimakan dengan lontong atau nasi. 

 

2. Sate Padang

Sate Padang memiliki campuran kuah kuning yang khas. Daging sapi, lidah atau jeroan biasanya digunakan dalam olahan ini.

Sebelum dipanggang, daging sapi dibumbui agar bumbu meresap sempurna ke dalam daging. Orang Padang biasanya menikmati sate ini dengan topping keripik balado pedas. 

 

3. Sate Maranggi

Sate maranggi merupakan salah satu kuliner andalan daerah Purwakarta. Tak heran jika Sate Maranggi dinobatkan sebagai salah satu dari delapan jajanan favorit di World Street Congress di Filipina.

Dagingnya terlebih dahulu dibumbui dengan berbagai bumbu lalu dipanggang. Sedangkan untuk penyajiannya menggunakan cabai dan irisan.

Sehingga, rasa asin dari dagingnya berpadu sempurna dengan kesegaran tomat dan cabainya. 

 

4. Sate Klathak

Bagi pecinta kambing, belum lengkap rasanya tanpa mencicipi sate klathak, sajian kuliner khas nusantara Yogyakarta. Sate klathak terbuat dari daging kambing yang dibakar dengan arang.

Uniknya, nama sate klathak berasal dari suara proses pembakaran sate. Lemak daging yang jatuh di atas api menimbulkan suara yang khas. Oleh karena itu, nama klathak mulai dikenal di kalangan masyarakat Jogja. 

 

5. Sate Lilit 

Salah satu makanan khas Bali yang paling terkenal adalah sate lilit. Sate Lilit terbuat dari daging ayam, kambing atau ikan.

Sate lilit sendiri memiliki cara penyajian yang berbeda dengan sate lainnya. Daging yang digunakan dicincang terlebih dahulu kemudian dicampur dengan parutan kelapa, santan dan bumbu lainnya.

Adonan ini kemudian dililitkan pada batang serai. Dengan cara ini, terciptalah cita rasa unik yang tak sayang jika Anda lewatkan saat mengunjungi pulau dewata. 

 

6. Sate Taichan

Jika Anda mencari sate versi modern, sate Taichan adalah jawabannya. Sate Taichan marak dan menjadi perbincangan di media sosial, khususnya di kalangan milenial.

Sate Taichan adalah olahan ayam yang dipanggang tanpa bumbu kemudian disajikan dengan sambal dan perasan jeruk nipis. Meski hanya menggunakan bumbu sederhana, sate Taichan ternyata memiliki banyak penggemar.

Ini adalah produk olahan sate dari berbagai daerah. Seberapa tertarik Anda untuk mencoba salah satu jenis sate di atas.

Post a Comment

0 Comments