Resep Barongko Dari Pisang Keju yang Nikmat Dibuat Dengan Aluminium Foil

Hai mom, guys, teman-teman

Barongko Pisang Keju
Resep Barongko Pisang Keju (Cookpad.com/ @oliveiafaizin)

Kue barongko merupakan salah satu kue tradisional khas sulawesi selatan yang terbuat dari pisang. Barongko terbuat dari pisang, biasanya yang digunakan adalah pisang kepok. 

Pisang yang digunakan untuk membuat barongko harus pisang kepok yang sudah tua pohonnya. Membuat barongko cukup sederhana, semua bahan dihaluskan terlebih dahulu. 

Citarasa ini berasal dari bahan utama yaitu pisang raja yang telah matang dihaluskan, kemudian dicampur dengan gula, santan, dan telur. Cita rasa ini berasal dari bahan utama yaitu pisang raja yang sudah matang dihaluskan, lalu dicampur dengan gula, santan, dan telur. 

Barongko enak baik panas maupun dingin dan biasanya disajikan dengan kopi atau teh. Salah satu alasan filosofis mengapa Barongko sering dipentaskan di pesta-pesta adalah makna dari Barongko.  

Barongko memiliki makna filosofis terkait dengan hubungan antara adonan dan pembungkus. Pemerintah Indonesia telah menetapkan barongko sebagai salah satu warisan budaya takbenda Indonesia. 

Cara pembuatan barongko relatif sederhana namun membutuhkan kesabaran. Biasanya sebelum membuat adonan terlebih dahulu dibuat cetakan alumunium atau daun pisang. Kue aslinya dibungkus dengan daun pisang. Tapi itu menggunakan secangkir aluminium foil Hidangan ini sering disajikan pada acara-acara khusus seperti pesta, hajatan atau acara keluarga.

Bahan-bahan

2 buah pisang kepok (asli : pisang raja) 

2 sdm gula pasir (asli : 2,5 sdm)

1 butir telur

50 gram keju parut (asli : 40 gram)

1/4 sdt vanili bubuk (asli : vanili cair)

65 ml santan instan

1/2 sdm tepung terigu

Cara Membuat

1. Kupas pisang kemudian potong-potong.

2. Tambahkan telur, santan instan, gula pasir dan vanili, aduk lalu masukkan tepung terigu. Aduk rata.

3. Masukkan keju parut, aduk hingga tercampur rata.

4. Masukkan kedalam alumunium foil lalu kukus selama 15 menit.

5. Sajikan hangat ataupun dingin, sesuai selera. 

 

Meski terlihat polos dan sederhana, kue ini tergolong langka. Barongko baru muncul pada acara-acara khusus seperti khitanan, akikah, atau pernikahan. Hal ini karena produksi barongko di daerah asalnya tidak terjadi secara kebetulan. 

Barongko harus dibuat oleh orang yang berpengalaman untuk menjaga rasa asli barongko. Selain acara-acara khusus tersebut, ada satu waktu dimana barongko selalu disajikan di rumah-rumah orang Bugis, yaitu saat bulan Ramadhan tiba. 

Selain rasanya yang manis, ringan dan dingin, barongko juga dianggap aman untuk pencernaan dan meningkatkan stamina. Rasanya yang manis, teksturnya yang lembut dan juicy, rasa khas barongko. Walaupun kue barongko terlihat sederhana dan mudah dibuat, namun memiliki nilai filosofis yang tinggi. 

Menurut kebanyakan Bugs, pisang barongko dibuat tidak hanya oleh tangan-tangan terampil dan berpengalaman, tetapi juga dengan hati. 

Hal ini sesuai dengan nilai filosofis tinggi yang dikandungnya. Selamat menikmati lezatnya resep pisang barongko keju ini! ***

Post a Comment

0 Comments