5 Sikap Yang Harus Dimiliki Saat Belajar Bahasa Inggris Agar Tidak Mudah Menyerah Dan Putus Asa

 

Sikap Belajar Bahasa Inggris
Pict By ESQ English Course

Bagi sebagian orang di Indonesia, bahasa Inggris masih menjadi bahasa yang mengerikan. Sosok yang bisa membuat mereka merelakan keinginannya untuk pergi ke luar negeri atau belajar sebagai siswa pertukaran karena mereka sedikit menguasai bahasa.

Hah, tidak juga. Di dunia yang persaingannya sangat ketat, sangat disayangkan jika tidak menguasai bahasa Inggris menjadi hambatan bagi karir atau studi kita.

Jadi ketika berbicara tentang proses belajar bahasa Inggris, banyak orang fokus pada kosa kata, tata bahasa, skor TOEFL, kemampuan berbicara, dll. Tidak salah tentunya. Namun, ada satu hal lagi yang harus diperhatikan oleh setiap pelajar bahasa Inggris. Apa ini? Ya, SIKAP atau mindset belajar. Ada 5 sikap belajar yang harus Anda miliki saat belajar bahasa Inggris.

1. Pahami bahwa kesalahan itu wajar

Banyak orang mempersulit belajar karena takut membuat kesalahan saat    berbicara bahasa Inggris. Baik itu kesalahan lisan maupun tulisan.

Jika Anda termasuk orang yang takut membuat kesalahan saat belajar bahasa Inggris, pahamilah bahwa kesalahan yang dilakukan dalam proses belajar itu sangat wajar.

Dengan mengetahui mana yang benar, kita memperbaiki diri agar bahasa Inggris kita semakin baik setiap harinya.

2. Merasa percaya diri

Percayalah pada setiap kesempatan yang Tuhan berikan, termasuk kesempatan untuk belajar hal-hal baru seperti bahasa Inggris. Jika Anda memiliki kepercayaan diri yang baik, pembelajaran bahasa Inggris Anda akan lebih menyenangkan. Anda tidak mudah menyerah ketika menghadapi tantangan belajar. Anda juga akan merasa yakin bahwa cepat atau lambat Anda akan menguasai bahasa Inggris.

3. Bersabarlah dengan prosesnya

Satu hal yang perlu diingat: tidak ada yang instan. Ya, percayalah bahwa semua yang ada di dunia ini butuh waktu, belum lagi belajar. Jika Anda berharap untuk berbicara bahasa Inggris dalam semalam dengan membaca buku pelajaran bahasa Inggris, Anda sedang bermimpi. Menikmati belajar merupakan faktor penting dalam menjaga semangat belajar bahasa Inggris. Hal-hal baik membutuhkan waktu, bukan? Ada tahapan dalam proses yang harus kita lalui suka atau tidak suka. Ada proses pembelajaran, proses pemahaman, proses pelatihan, proses evaluasi, dll. Sekali lagi, suka atau tidak suka, Anda harus melalui proses ini. Jadi, daripada membenci prosesnya, mari nikmati perjalanannya!

4. Pertahankan sikap positif

Kita adalah satu-satunya orang yang dapat mengendalikan pikiran dan perasaan kita. Pikiran menentukan sikap dan pembelajaran kita. Namun, masalahnya biasanya ada pikiran dan perasaan negatif yang melemahkan semangat kita untuk belajar bahasa Inggris. Jadi tetaplah positif dalam segala kondisi dan situasi sambil belajar bahasa Inggris.

5. Jangan takut untuk bertanya

Jika kita malu untuk bertanya kepada orang yang lebih tahu, tentu kita menunda penyelesaian masalah dalam waktu yang lama. Kebanyakan orang malu bertanya karena takut. Bahkan, Kita bisa meningkatkan bahasa Inggris kita dengan bertanya pada orang yang tepat. Dapatkan mentor yang tepat. Dalam proses belajar bahasa Inggris, kita menghadapi banyak masalah. Misalnya, keraguan tentang tata bahasa atau penggunaan kata yang maknanya tidak kita ketahui. Jika Anda tidak tahu atau ragu, lebih baik bertanya kepada orang yang lebih mengerti.

Post a Comment

0 Comments