Jadi Jajanan Khas yang Mirip Pastel, Inilah Keistimewaan Jalangkote

 


Bentuk dari camilan ini mirip sekali dengan kue pastel, dengan bentuk seperti bulan separuh dengan ukiran khas di sepanjang sisinya.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Apa Itu Jalangkote? Bedanya Jalangkote dengan Pastel", Klik untuk baca: https://travel.kompas.com/read/2020/05/18/162146827/apa-itu-jalangkote-bedanya-jalangkote-dengan-pastel?page=all.
Penulis : Syifa Nuri Khairunnisa
Editor : Yuharrani Aisyah

Download aplikasi Kompas.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat:
Android: https://bit.ly/3g85pkA
iOS: https://apple.co/3hXWJ0L


Hai mom,guys, teman-teman

Sekilas, jajanan ini mirip dengan pastel. Namun, sudah pasti ada beberapa perbedaannya.

Perbedaan itu terletak pada kulitnya. Kulit pastel biasanya lebih tebal dibandingkan  dengan jalangkote. 

Awalnya isian jalangkote adalah daging cincang yang ditumis bersama potongan ubi jalar putih yang dipotong kecil berbentuk dadu dan toge, namun sekarang sudah banyak isian yang di tambahkan dengan ide dan kretifitas yang membuat jalangkote.

Kunci kenikmatan dan keistimewaan jalangkote ada pada sambalnya.

Sambal ini bukan sambal biasa,karena dengan menikmati jalangkote dengan sambal yang di tuang ke jalangkote menjadikan cemilan ini menjadi lebih nikmat.

Sambal jalangkote terbuat dari air cuka, air tumisan isian jalangkote, bawang putih, gula, cabe besar untuk memberikan warna, dan cabai kecil untuk sensasi rasa pedas.

 


Isian Jalangkote

Jalangkote punya isi wortel dan kentang yang dipotong dadu, tauge, serta laksa yang ditumis dengan menggunakan bawang putih, bawang merah, merica, dan bumbu-bumbu lainnya.

Beberapa jalangkote menambahkan seperempat atau setengah telur rebus dan daging cincang untuk isinya.

Kulit jalangkote terbuat dari bahan dasar tepung terigu, telur, santan, mentega, dan garam.

Bentuk dari camilan ini mirip sekali dengan kue pastel, dengan bentuk seperti bulan separuh dengan ukiran khas di sepanjang sisinya.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Apa Itu Jalangkote? Bedanya Jalangkote dengan Pastel", Klik untuk baca: https://travel.kompas.com/read/2020/05/18/162146827/apa-itu-jalangkote-bedanya-jalangkote-dengan-pastel?page=all.
Penulis : Syifa Nuri Khairunnisa
Editor : Yuharrani Aisyah

Download aplikasi Kompas.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat:
Android: https://bit.ly/3g85pkA
iOS: https://apple.co/3hXWJ0L

Kulit jalangkote agak bergelembung. Gelembung ini disebabkan karena campuran minyak panas ke dalam adonan tepung terigu dan air saat membuatnya.

Pastel, Jajanan Pasar Asal Portugis dan Brazil

 

Pastel merupakan salah satu makanan yang termasuk ke dalam jenis pastry. Mengenai asalnya, jajanan pasar ini berasal modifikasi kue "Empanada" asal Eropa Selatan. Dibawa oleh bangsa Portugis dan Spanyol, empanada begitu populer di negara jajahannya, termasuk Indonesia.  

Kemudian kue ini mengalami modifikasi hingga menjadi kue khas Eropa Selatan dengan nama “Empanada”. Namun, di Brazil terdapat sebuah kue yang bernama pastel.

Kue ini berisikan daging giling, keju, ayam, ebi, dan kelapa dan dibungkus dengan adonan pastry tipis. 

Dari penampilannya, pastel terlihat lebih halus tanpa gelombang seperti jalangkote. 

Kulit pastel pun lebih tebal dan berlapis-lapis seperti puff.

Adapun adonan yang digunakan untuk membuat kulitnya yakni tepung terigu, telur, margarin, air, dan garam. 

Berbeda dengan jalangkote, pastel umumnya berisi kentang, wortel, dan telur dan hanya dimakan menggunakan cabe rawit.

Berikut bahan-bahan dan cara membuat jalangkote ala yayukya cook, yuk simak :

Resep Jalangkote

Bahan kulit :

  • 300 gr tepung terigu
  • 1/2 sdm margarin
  • 1 sdt garam
  • 125 ml air hangat

Bahan isian :

  • 4 buah wortel (potong dadu)
  • 2 buah kentang (potong dadu)
  • 1 batang daun bawang (iris tipis)
  • 6 siung bawang putih (haluskan)
  • 1 bungkus bihun (rendam air hangat)
  • 2 sdm minyak goreng
  • 1 sdm garam
  • 1 sdm gula pasir
  • 1 sdt kaldu bubuk

Bahan sambal cair :

  •  5 siung bawang putih
  • 15 buah cabai rawit
  • 1 sdm tepung maizena
  • 2 sdm garam
  • 10 sdm gula pasir
  • 2 sdm minyak goreng
  • 5 sdm cuka
  • 500 ml air
  • Saus sambal secukupnya

    Buat kulit jalangkote

    Buat adonan kulit jalangkote dengan mencampurkan tepung terigu, margarin, dan garam ke dalam sebuah wadah. Lalu aduk hingga semua bahan tercampur dengan rata menggunakan tangan.

    Setelah bahan tercampur rata, masukkan air hangat ke dalam adonan secara bertahap, sambil diuleni secara perlahan-lahan.

     Jika adonan kulit jalangkote sudah kalis, diamkan adonan selama kurang lebih 20 menit. Kemudian, timbang adonan seberat 26 gram untuk ukuran satu buah jalangkote menggunakan timbangan dapur.

    Siapkan isian jalangkote

    Rebus wortel dan kentang yang telah dipotong dadu di dalam air mendidih hingga keduanya benar-benar matang, lalu angkat dan tiriskan. Selanjutnya, tumis bawang putih dan daun bawang menggunakan api kecil.

    Jika bawang dan daun bawang yang ditumis telah mengeluarkan aroma wangi, masukkan wortel dan kentang yang telah direbus sebelumnya, lalu aduk hingga rata. Terakhir, masukkan bihun dan tambahkan garam serta kaldu bubuk. Aduk-aduk kembali hingga seluruh bahan tercampur dengan rata.

    Buat jalangkote, lalu goreng

    Ambil satu adonan kulit jalangkote, kemudian gilas hingga adonan menjadi tipis. Letakkan sesendok isian jalangkote di tengah adonan yang telah digilas.

    Satukan dan tutup kedua sisi adonan kulit. Pastikan adonan kulit jalangkote benar-benar tertutup hingga tidak ada celahnya. Biar lebih praktis, kamu bisa menggunakan alat cetakan pastel. Selain praktis, hasilnya juga rapi.

    Terakhir, goreng jalangkote menggunakan minyak yang agak banyak dan api sedang. Biar renyahnya tahan lama, goreng setengah matang lebih dulu, lalu simpan jalangkote di freezer. Setelah itu, goreng kembali dan tiriskan hingga minyaknya benar-benar berkurang.

    Siapkan sambal cair, kemudian sajikan

    Untuk membuat sambal cair, haluskan cabai rawit dan bawang putih menggunakan ulekan, jangan lupa untuk menambahkan sesendok garam. Setelah halus, tumis menggunakan minyak goreng dan api kecil hingga mengeluarkan aroma yang wangi. Masukkan saus sambal sesuai selera, lalu tambahkan gula pasir, garam, air dan cuka, aduk hingga merata dan biarkan hingga mendidih.

    Siapkan tepung maizena yang telah dilarutkan dengan air, lalu masukkan sedikit demi sedikit sambil terus diaduk-aduk. Jika sambal cair telah mengental, sambal cair siap disajikan bersama jalangkote!

    Untuk sambal cair, kamu bisa sesuaikan rasa dan kekentalannya dengan seleramu. Walaupun cara buatnya agak sedikit ribet, tapi semuanya akan terbayarkan dengan lezatnya jalangkote dan sambal cair khas kota Makassar. Apalagi jika disajikan saat masih panas.


     

    Nah sedikit cerita unik kalau jalangkote dulunya dijajakan oleh anak kecil yang berjualan keliling dari rumah ke rumah sambil berjalan kaki.

    Dari segi penyantapan, jalangkote juga berbeda dari pastel. Jika biasanya pastel dimakan dengan cabai rawit, jalangkote disantap dengan sambal cair yang merupakan kombinasi dari cuka dan juga cabai. Rasanya gurih-gurih asam yang sangat enak.

    Kunci kenikmatan jalangkote terletak pada sambalnya yang terbuat dari air cuka, air sisa tumisan isian Jalangkote, bawang putih, gula, cabe besar untuk memberikan warna, dan cabai kecil untuk sensasi rasa pedas.

     

    Semoga Bermanfaat...

Resep jalangkote renyah khas Sulawesi Bahan (15 buah) 500 gram tepung terigu 2 sdm mentega Air secukupnya Garam secukupnya Minyak goreng secukupnya Bahan isi 50 gram sohun 250 gram taoge 2 buah wortel 1 buah pepaya muda 100 gram kol 150 gram daging udang atau daging sapi 4 buah bawang merah 3 siung bawang putih 3 sdm minyak goreng untuk menumis 1 sdm gula pasir Bahan saus sambal 2 buah cabai merah, haluskan 3 siung bawang putih, haluskan Garam secukupnya Gula pasir secukupnya 1 sdm cuka 400 ml air

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Resep Jalangkote Khas Sulawesi yang Mirip Pastel, Renyah Tahan Lama", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2021/05/03/030700075/resep-jalangkote-khas-sulawesi-yang-mirip-pastel-renyah-tahan-lama.
Penulis : Yuharrani Aisyah
Editor : Yuharrani Aisyah

Download aplikasi Kompas.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat:
Android: https://bit.ly/3g85pkA
iOS: https://apple.co/3hXWJ0L

KOMPAS.com - Jalangkote adalah gorengan khas Makassar yang sekilas mirip dengan pastel. Resep jalangkote ini bisa kamu ikuti untuk membuat camilan renyah di rumah. Pada cara membuat jalangkote renyah tahan lama ini dilengkapi pula dengan sambal cabai cair. Sambal cairnya memiliki rasa asam dan pedas yang menambah nikmat sensasi makan.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Resep Jalangkote, Lengkap dengan Cara Buat Sambal Cairnya", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2022/01/11/180900175/resep-jalangkote-lengkap-dengan-cara-buat-sambal-cairnya.
Penulis : Alma Erin Mentari
Editor : Alma Erin Mentari

Download aplikasi Kompas.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat:
Android: https://bit.ly/3g85pkA
iOS: https://apple.co/3hXWJ0L

Post a Comment

0 Comments