Manfaat Bermain Puzzle Bagi Anak

 


Puzzle adalah mainan berupa potongan-potongan kecil terpisah yang saat disusun dan disatukan akan membentuk suatu gambar yang indah dan menarik. Tidak dapat dipungkiri kalau puzzle menjadi salah satu mainan favorit banyak orang, termasuk anak-anak.

Prinsip utama dari permainan puzzle adalah kita mampu menyusun potongan gambar hingga menjadi sebuah bentuk utuh. Ada puzzle berbentuk balok, ada puzzle berbentuk kepingan,dan ada juga puzzle yang besar menyerupai kepingan.



Mainan satu ini memiliki berbagai bentuk dan tingkat kesulitan yang berbeda-beda. Jadi, cocok untuk dimainkan oleh segala usia. Selain menyenangkan, ternyata bermain puzzle juga bisa memberikan banyak manfaat, terutama buat si kecil. 

Ketika si kecil di beri mainan puzzle tentunya akan mendatangkan banyak manfaat ketika mencoba meramu menjadi gambar yang utuh seperti mempertajam ingatan sehingga konsentrasi sangat di butuhkan.

Karena kita harus menyatukan setiap potongan untuk membentuk suatu gambar yang utuh. Nah, kalau kita menemukan potongan yang salah, tentu kita perlu segera menggantinya dengan yang lain

Selama proses bongkar pasang puzzle tersebut, si kecil akan mencoba mengingat pola potongan gambar yang sudah mereka coba, tapi tidak cocok. Inilah yang bisa melatih ketajaman ingatan mereka.

Melatih jari-jari otot tangan agar lebih kuat dan terpasang dengan pasti dan tidak teracak-acak kembali, apalagi puzzle dengan kepingan yang banyak tentu harus hati-hati sehingga perlu kekuatan pada jari untuk puzzle tersusun agar tetap utuh.

Puzzle merupakan salah satu jenis permainan yang masih dikatakan jenis mainan yang misteri sehingga membutuhkan koordinasi antara mata dan tangan saat menyelesaikannya. Melalui permainan puzzle, anak akan dilatih untuk menghubungkan apa yang dilihat oleh mata, lalu direspon oleh tangan dengan menyusunnya. 

Sehingga puzzle itu kita harus memecahkan sebuah permasalahan dengan menyusun dan mencari gambar yang utuh. Kamu dapat membiarkan si kecil bermain bersama dengan temannya. Kegiatan ini bisa melatih mereka untuk berinteraksi dan bekerja sama. Selain itu, mereka juga akan belajar tentang kesabaran hingga kolaborasi. puzzle tidak hanya berfungsi sebagai mainan, tetapi juga menjadi sarana pembelajaran baru buat si kecil.

Post a Comment

0 Comments