6 Keistimewaan Mengendarai Sepeda Listrik

 

Sepeda listrik atau e-bike saat ini makin populer apalagi masih banyaknya yang gemar mengendarai alat transport yang satu ini.

Kita berada pada  masa yang sudah dimudahkan dengan perkembangan teknologi, salah satunya adalah dengan munculnya inovasi sepeda listrik.

Sepeda listrik adalah rangkaian sepeda yang dikombinasikan dengan sebuah motor yang digerakkan dengan sebuah baterai. Penggunaan alat transportasi dengan menggunakan baterai yang dapat di-recharge ini mulai berkembang.

Meskipun kesadaran masyarakat untuk menggunakan sepeda sebagai salah satu alat transportasi makin meningkat, sepeda belum bisa dijadikan alat transportasi utama seperti di negara maju pada umumnya.

Namun tidak ada salahnya jika mulai mempertimbangkan penggunaan akan sepeda ini sebagai alternatif kendaraan.

Kelebihan dan Kekurangan Sepeda Listrik

Manfaat atau kelebihan sepeda listrik, di antaranya adalah: 

1. Terdapat dua pilihan tenaga, yaitu menggunakan listrik atau bisa dikayuh.  

2. Sangat efektif digunakan untuk kegiatan rutin dengan jarak dekat, bisa digunakan untuk aktivitas sehari-hari dan tentunya ketika melewati tanjakan atau jalan yang naik turun tidak membuat penggunanya merasa lelah. 

3. Relatif lebih aman bagi lingkungan, karena sepeda listrik tidak menghasilkan asap dan tidak mengeluarkan banyak polusi.

4. Biaya pemeliharaan sepeda listrik tidak sebesar biaya pemeliharaan motor.

5. Tidak dikenakan pajak maupun kewajiban kepemilikan surat izin karena kecepatan yang dapat dijalankan hanya 30-40 km/jam.  

Ada beberapa kelemahan. Kelemahan tersebut di antaranya adalah:

1. Ketika listrik sudah habis, kendaraan ini akan kehilangan sisi praktis dan kemudahannya.

2. Kecepatan maksimalnya hanya 30-40 km/jam, akselerasi perpindahan kecepatan tidak spontan seperti sepeda motor.  

3. Jangan membawa terlalu banyak barang saat menggunakan sepeda ini.

Agar lebih mengenal sepeda listrik berikut ini   

6 Keistimewaan menarik mengenai sepeda listrik.

1. Hemat , Sepeda listrik menghemat uang karena tidak perlu biaya bensin, menghemat waktu karena bisa selap-selip, dan menghemat tenaga karena ada bantuan listrik untuk menggerakannya, tidak menimbulkan polusi udara maupun suara.

2. Ramah Lingkungan, Ramah lingkungan karena menggunakan listrik

3. Lebih Menyenangkan, Berkendara dengan sepeda listrik itu lebih menyenangkan karena tidak melelahkan saat gowes keliling kota, gampang untuk urusan parkirnya, tidak memerlukan banyak perawatan, dan bisa diandalkan untuk perjalanan jauh sekalipun.

4. Lebih Menarik, Menggunakan lebih sedikit tenaga untuk memindahkan jumlah berat yang sama. Sepeda listrik juga memberikan tenaga ekstra untuk perjalanan yang lebih jauh.

5. Menyehatkan, Dapat memberikan kesempatan berolahraga lebih banyak serta menghabiskan lebih banyak waktu di luar ruangan.

6. Bisa Digunakan Di Mana Saja, menjelajahi tempat-tempat baru yang sebelumnya sulit ditempuh dengan cara bersepeda

Post a Comment

0 Comments