Jalan-jalan Ke Benteng Somba Opu

 

Ayo berwisata sejarah. 

Makassar rupanya juga mempunyai sejumlah objek wisata sejarah yang sangat menarik untuk di kunjungi. Salah satunya adalah Benteng Somba Opu. Meski mungkin namanya tak setenar Benteng Fort Rotterdam, wisata yang satu ini juga menyuguhkan situs-situs sejarah yang bernilai dan sangat memberi kesan akan zaman dahulu kala.

 


Banyak bangunan benteng yang tampak masih kokoh. Meski telah berusia lebih dari seratus tahun, bangunan benteng ini seperti tak usang dimakan waktu. Tiap bagian bangunan masih kuat seperti ketika benteng ini awal berdiri.

Sekilas tentang Benteng Somba Opu

Situs sejarah ini merupakan peninggalan Kesultanan Gowa.

Bangunan yang telah menjadi tempat wisata ini sudah ada di abad ke-16, berdasarkan catatan sejarah. Pada masa itu, area sekitar benteng ini adalah pusat perniagaan sekaligus pelabuhan besar di Kerajaan Gowa.

Banyak pedagang dari berbagai kerajaan lain melakukan barter di sini. Pada saat itu, komoditas rempah-rempah menjadi komoditas unggulan yang dijual ke para pedagang dari Asia.

Saat VOC mulai masuk ke Makassar, kawasan pusat perdagangan ini menjadi salah satu daerah kekuasaan VOC, termasuk benteng ini. Sekitar tahun 1669, benteng ini sempat hancur akibat ulah VOC dan ombak pasang.



 

Kemudian tahun 1980-an, benteng ini kembali ditemukan oleh para ilmuwan. Sepuluh tahun kemudian, keseluruhan bangunan benteng ini mengalami perubahan hingga menjadi sebuah tempat yang ramai di kunjungi karena merupakan arena wisata sekarang ini.

Situs wisata sejarah ini kini ramai oleh wisatawan yang penasaran beberapa atraksi wisata yang ada di dalamnya. Di dalam benteng, wisatawan akan menemui beberapa rumah adat khas Sulawesi Selatan.

Daya Tarik Benteng Somba Opu

Konon Benteng Somba Opu dulunya selain berfungsi sebagai benteng juga merupakan pusat pemerintahan Kerajaan Gowa. Di dalam benteng, kita masih dapat melihat bangunan-bangunan yang kemungkinan adalah peninggalan Kerajaan Gowa. Bahkan kini di dalam kompleks benteng sedang dikembangkan sebuah taman mini untuk Sulawesi Selatan. Jadi dengan mengunjungi benteng ini kita serasa telah mengunjungi seluruh Sulawesi Selatan.


 

Fasilitas Benteng Somba Opu

Tempat wisata sejarah ini berada di bawah pengelolaan Dinas Pariwisata. Tak heran jika fasilitas yang ada di situs sejarah ini begitu mendapat perhatian.

Para pengunjung bebas menggunakan semua fasilitas yang ada. Contohnya antara lain, tempat istirahat, papan informasi, area parkir, dan tempat makan.

Khusus untuk tempat makan, ada yang spesial bagi para pengunjung, yaitu tersedianya menu makanan khas makassar yang terkenal enak. Tentu saja ini adalah sebuah kabar gembira, terutama bagi wisatawan luar Makassar yang belum pernah mencicipi kuliner khas Kota Makassar.

Jam Operasional Benteng Somba Opu

Berkunjung ketempat ini saya lakukan ketika sore hari sekitar pukul 16.00 dan di situlah keramaian para pengunjung.

 

 


Post a Comment

0 Comments