7 Hikmah dan Keutamaan Sholat Idul Adha

7 Hikmah dan Keutamaan Sholat Idul Adha

Berqurban di hari raya idul adha memang menjadi sebuah kebaikan yang perlu untuk kita lakukan selagi kita mampu. Karena dengan berqurban itu berarti kita telah mengingat akan nikmat berupa rezeki yang telah Allah berikan dan kita sisihkan untuk berbagai kepada sesama umat muslim. Selain itu dengan menyelesaikan salah satu ibadah yang paling di sukai oleh Allah SWT ini nantinya andapun akan mendapatkan pahala yang berlipat dari Allah.
Ada banyak sekali hikmah dan juga keutamaan sholat idul adha yang bisa kita peroleh ketika menjalankannya. Tentunya banyak dari kita yang selalu ingin mengikuti sholat idul adha ini karena memang ini juga merupakan salah satu hari raya besar bagi umat islam diberbagai negara. Seperti yang sudah kami jelaskan pada manfaat berkurban di hari raya idul adha, tentu saja bukan hanya manfaat yang akan anda peroleh andapun juga akan mendapatkan hikmah ketika selesai mengerjakan sholat idul adha tersebut.
Oleh sebab itu, tidak heran apabila banyak sekali yang menginginkan untuk selalu berjumpa dengan hari raya idul adha ataupun hari raya idul fitri. 
Berikut penjelasannya ;

1. Saling berbagi Rizki sesama umat muslim

Salah satu keutamaan sholat idul adha yang utama adalah saling berbagi rizki kepada sesama umat muslim. Kenapa ? karena setelah sholat idul adha selesai maka akan dilaksanakannya proses penyembelihan hewan qurban. yang dimana nantinya daging dari hewan tersebut akan dibagikan kepada sesama umat muslim yang berada pada golongan fakir dan miskin 

2. Berqurban menjadi jalan ketaqwaan

Bertaqwa kepada allah SWT memang sudah menjadi kewajiban kita ketika hidup di dunia ini. namun ada kalanya sebagai umat manusia mungkin memiliki rasa yang kurang untuk mengingatkan ketaqwaan kita kepada sang pencipta. Olek karenannya, dengan menjalankan salah satu hari raya besar ini dengan serangkaian sunnha-sunnah yang sudah dianjurkan itu sama seperti kita sedang meningkatkanketaqwaan kita kepada allah SWT.
Hal ini juga sudah di jelaskan secara pasti dalam Qur'an surat Al Hajj ayat 37 yang berfirman :
"Daging-daging unta dan darahnya itu sekali-kali tidak dapat mencapai (keridhaan) Allah, tetapi ketaqwaan dari kamulah yang dapat mencapainya. Demikianlah Allah telah menundukkannya untuk kamu supaya kamu mengagungkan Allah terhadap hidayah-Nya kepada kamu. Dan berilah kabar gembira kepada orang-orang yang berbuat baik"

3. Mendapat Pahala berlipat ganda

Mendapatkan pahala untuk bekal kelak di akhirat memang menjadi impian bagi sebagian besar umat islam. Oleh karena itu, salah satu keutamaan sholat idul adha adalah untuk mendapatkan pahala yang berlipat ganda. Bagaimana tidak selain pahala yang kita peroleh setelah mengerjakan serangkaian ibadah sunnah di bulan dzulhijjah, kita juga akan mengerjakan sholat idul adha yang diteruskan dengan penyembelihan hewan qurban.

4. Dijauhkan dari neraka

keutamaan sholat idul adha yang selanjutnya ialah akan dijauhkannya kita dari pintu neraka bagi kita yang telah berqurban dengan penuh keikhlasan. Yang dimana pengorbanan itu semata-mata hanya dilakukan hanya karena ketaatan kita kepada Allah SWT. Bahkan dalam hadits yang diriwayatkan dari Al husein binAli bahwa Rasulullah SW pernah bersabda :
"barangsiapa berkurban dengan lapang dada (senang hati) dan ikhlas hanya mengharap pahala dari Allah, maka dia akan dihijab dari neraka"

5. Pintu Penyelamatan dunia akhirat

Kemudian salah satu hikmah dan keutamaan sholat idul adha yang tidak kalah pentingnya adalah memberikan pintu penyelamatan kehidupan kita didunia dan akhirat. Dengan kita mengerjakan sholat idul adha dan juga berqurban di hari raya tersebut, itu sama halnya dengan kita sudah benar-benar bisa mensyukuri apa yang kita miliki yang di mana itu semua hanyalah sebuah titipan dari Allah SWT. tentunya hal tersebut juga akan membuat kita semakin jauh dari semua rasa terlalu cinta terhadap semua perkara duniawi.

6. Mengenang kepatuhan Nabi Ibrahim A.S

Apabila anda mengerti cerita tentang kisah Nabi Ibrahim A.S yang diperintahkan oleh Allah untuk menyembelih putra tercintanya yang kemudian digantikan dengan seekor hewan qurban. maka dengan anda juga melaksanakan sholat idul adha dan berqurban di saat itu, anda pun bisa dikatakan telah mengenang akan kepatuhan nabi Ibrahim A.S terhadap perintah Allah SWT.

7. berkurban menjadi kendaraan akhirat

nah keutamaan sholat idul adha yang selanjutnya adalah yakni dengan berkurban itu berarti kita akan mampu mendatangkan hikmah bagi shahibul kurban yang berupa kendaraan di akhirat kelak. Yang dimana nantinya  kendaraan itu akan mempermudah kelak kita ketika melewati sebuah jembatan menuju surga.
 
Nah itulah kirannya beberapa manfaat, hikmah dan juga keutamaan sholat idul adha yang merupakan salah satu hari raya besar umat muslim. Semoga kita semua selalu di beri kesehatan dan kemudahan dalam segala macam urusan sehingga kita bisa dipertemukan kembali dengan bulan yang penuh keberkahan ini dan bisa mengikuti sholat idul adha. 

Post a Comment

0 Comments