Pengaruh Iklim dan Cuaca Terhadap Aktivitas Sehari-hari

Kita mampu mengurangi dampak perubahan iklim#UntukmuBumiku

yayukya.com

Perubahan iklim tidak hanya berdampak pada lingkungan saja, tetapi juga pada perilaku, fisik dan mental manusia. Perubahan iklim dapat mengakibatkan perubahan cuaca yang sangat ekstrim, sehingga menimbulkan beberapa perilaku manusia.

Alam merupakan solusi yang paling baik dalam menangani perubahan iklim. Hutan tropis merupakan solusi berbasis alam yang sangat efektif untuk menyimpan karbon dan mencegah skenario perubahan iklim terburuk. 

yayukya.com

Perubahan iklim adalah tantangan lingkungan dan sosial.

Perubahan iklim terjadi di sebabkan adanya kegagalan besar untuk mengenali nilai bawaan keanekaragaman hayati dan keanekaragaman budaya yang begitu terjalin erat secara interaktif di hutan tropis. perubahan iklim berkontribusi terhadap meningkatnya kebakaran hutan yang mematikan, topan, kekeringan dan banjir.

Kita tidak mungkin bisa mengatasi perubahan iklim tanpa melindungi hutan

Melindungi hutan sangatlah penting guna memenuhi tujuan mitigasi iklim dunia. Dengan kata lain, bencana besar akibat perubahan iklim dapat dihindari, dengan menghentikan penggundulan hutan.

Ada 5 Pengaruh Iklim dan Cuaca Terhadap Kegiatan Sehari-hari

Aktivitas manusia yang super padat sangat dipengaruhi oleh keadaan iklim dan cuaca, terlebih aktivitas yang dilakukan di luar ruangan atau outdoor. Selain aktivitas langsung yang dilakukan manusia, iklim dan cuaca juga mempengaruhi kegiatan di berbagai bidang khususnya perekonomian manusia. sebenarnya apa saja sih pengaruh iklim dan cuaca bagi kehidupan manusia sehari- hari? Berikut ini merupakan beberapa pengaruh dari iklim dan cuaca terhadap kegiatan manusia tersebut: 

1. Bagaimana dengan area pemukiman ?

Keadaan iklim sangat mempengaruhi manusia dalam pemilihan tempat tinggal. Hal ini sangat berkaitan dengan kenyamanan dalam melakukan aktivitas. Manusia akan lebih memilih tinggal di tempat dengan iklim yang nyaman. Kondisi alam dan iklim berpengaruh pada berbagai hal yang terjadi di dataran rendah dan dataran tinggi.Kondisi tanahnya bebas banjir dan memiliki kemiringan tanah 0-15 %, sehingga dapat dibuat sistem saluran air hujan (drainase) yang baik serta memiliki daya dukung yang memungkinkan untuk dibangun perumahan.


 

Pada dataran rendah, banyak orang melakukan kegiatan pertanian, perkebunan, peternakan, hingga industri. Bahkan, tidak jarang sentra bisnis mudah ditemukan di daerah ini. Mata pencaharian penduduk juga beragam mulai dari berdagang, menjadi pegawai, dan sebagainya.


Baca selengkapnya di artikel "Kaitan Kondisi Alam & Iklim dengan Kehidupan Dataran Tinggi-Rendah", https://tirto.id/gf1v

Kondisi alam dan iklim berpengaruh pada berbagai hal yang terjadi di dataran tinggi dan dataran rendah. Kondisi alam dan iklim sangat memengaruhi kehidupan penduduk. Keadaan geografis tersebut di dataran rendah dan dataran tinggi cukup memengaruhi berbagai sisi seperti mata pencaharian, pola makan, sampai ke tata pakaian.


Baca selengkapnya di artikel "Kaitan Kondisi Alam & Iklim dengan Kehidupan Dataran Tinggi-Rendah", https://tirto.id/gf1v

Kondisi alam dan iklim berpengaruh pada berbagai hal yang terjadi di dataran tinggi dan dataran rendah. Kondisi alam dan iklim sangat memengaruhi kehidupan penduduk. Keadaan geografis tersebut di dataran rendah dan dataran tinggi cukup memengaruhi berbagai sisi seperti mata pencaharian, pola makan, sampai ke tata pakaian. Termasuk, jenis masalah lingkungan yang dihadapinya pun berlainan.


Baca selengkapnya di artikel "Kaitan Kondisi Alam & Iklim dengan Kehidupan Dataran Tinggi-Rendah", https://tirto.id/gf1v

2. Aktivitas di ladang dan persawahan terganggu

Iklim dan cuaca juga sangat berpengaruh terhadap kegiatan bercocok tanam baik berupa pertanian dan juga perkebunan. Banyak orang yang mengambil profesi sebagai pengelola perkebunan maupun sebagai petani. Kesuksesan mereka dalam bercocok tanam akan sangat bergantung kepada iklim dan juga cuaca. Iklim yang dingin akan menciptakan keterbatasan terhadap tanaman yang bisa tumbuh, misalnya saja hanyalah tembakau, teh dan pohon- pohon berdaun jarum. Demikian pula dengan iklim yang panas mungkin hanya beberapa tanaman yang bisa tumbuh. Nah, hal ini menjadi tantangan tersendiri bagi petani. Persebaran curah hujan yang terlalu banyak akan menyebabkan akar tanaman menjadi busuk, namun curah hujan yang sangat sedikit juga akan merugikan petani karena biaya produksinya akan bertambah untuk pengairan#TeamUpforImpact

yayukya.com

 

3. Kesehatan Menurun

Iklim dan cuaca juga berpengaruh terhadap kesehatan manusia. Banyak penyakit yang muncul di cuaca tertentu. Sebagai contoh adalah penyakit yang disebarkan oleh nyamuk seperti demam berdarah dan malaria. Seperti yang kita tahu bahwa nyamuk berkembang biak pada genangan air yang banyak ditemukan ketika musim hujan. Dengan demikian penyakit yang sejenis ini akan banyak berkembang ketika musim hujan. Lalu ada pula penyakit yang datangnya ketika musim kemarau atau panas, seperti gangguan tenggorokan, panas dalam dan lain sebagainya.

4. Mempengaruhi kegiatan perindustrian dan perekonomian manusia

Iklim banyak mempengaruhi keadaan perindustrian yang menjadi mata pencaharian banyak orang di Indonesia bahkan di dunia. Sebagai contoh di daerah dingin, maka akan banyak kita temukan industri yang membuat berbagai pakaian hangat dan juga akan banyak kita temukan penjual makanan yang membantu meghangatkan tubuh. Demikian pula di daerah yang panas maka perindustrian akan lebih terfokus dalam pembuatan pakaian yang berbahan katun atau yang dapat membuat manusia menjadi segar. Demikian pula dengan makanan yang dijual pastilah makanan atau minuman dingin yang dapat menyegarkan badan. 

5. Kegiatan outdoor menjadi terganggu

Pengaruh yang tidak dapat dihilangkan dari iklim dan juga cuaca terhadap kegiatan manusia adalah terhadap kegiatan manusia di luar ruangan atau kegiatan outdoor. 

yayukya.com

Saat kita berkegiatan di luar ruangan maka kita akan langsung berhubungan dengan alam, jadi jika cuaca dingin maka akan terasa dingin yang sangat karena tidak ada pemanas udara seperti di dalam ruangan. Demikian pula jika cuaca panas maka kita akan langsung terhubung dengan penyinaran matahari yang menyengat kulit kita. Jika hujan turun pun maka kita akan langsung basah. Nah, hal- hal seperti inilah yang akan menghambat kegiatan manusia di luar ruangan. Kebanyakan manusia akan lebih menginginkan cuaca yang terik daripada jenis-jenis hujan untuk melakukan kegiatan di luar ruangan.

Pengalaman yang tak terlupakan adalah ketika mengikuti kegiatan anak-anak di sebuah tempat permandian di kabupaten gowa. Seketika turun hujan mom dan itu sangatlah menganggu kegiatan anak-anak Paud saat itu.

Banyak yang mengeluh bahwa akan terjadi banjir kalau hujan lama seperti ini dan itulah saatnya kita menyadari akan pentingnya menjaga hutan lindung.

Semoga Bermanfaat.




 

Post a Comment

3 Comments

  1. iya dapak perubahan iklim ini membuat kita cemas ya terasa banget sekarang tak menentu cuacanya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener juga sih mba kalau dampak dari perubahan iklim ini menganggu aktivitas dan dampaknya kita biasa terhalangi oleh cuaca akan kecemasan.

      Delete
  2. Artikel ini belum beruntung, padahal telah susah payah dapat foto matahari lg cerah, redup, terik... hahahha @bloggerperempuan

    ReplyDelete

Silahkan berikan komentar anda di artikel ini,sesuai dengan apa isi dari artikel.