Cara membuat karya ilmiah menggunakan "Mendeley"

MARI MENGENAL “MENDELEY” SEBAGAI SOFTWARE PENGELOLA 

REFERENSI YANG BERMANFAAT


Siapa yang masih melanjutkan studi ?

Nah pasti sudah paham betul tentang referensi seperti yang kebanyakan bingung dengan daftar pustaka, jika Penulisan ilmiah selalu menggunakan sumber pustaka, sumber pustaka ini perlu dikutip (disitir) di dalam karya ilmiah tersebut dan kemudian agar tidak terjadi plagiarisme maka sumber yang dikutip selalu dicantumkan dalam daftar pustaka. 

Sebagai Seorang mahasiswa yang berada di semester semester akhir pasti akan dihadapkan entah itu skripsi atau tesis, Nah dalam membuat karya ilmiah menggunakan gaya tertentu yang disebut dengan gaya sitiran atau sitasi (citation style). Suatu sitasi atau bibliografi (daftar pustaka) merupakan sebuah referensi yang berasal dari buku, jurnal, majalah, baik dalam bentuk tercetak maupun digital, atau juga halaman web, produk-produk terbitan lainnya yang memberikan rincian untuk mengidentifikasi produk penerbitan itu secara unik dan berbeda-beda. Sitasi ini memungkinkan seorang peneliti menguji sebuah teori karya-karya ilmiah sebelumnya.


Terdapat berbagai gaya sitasi yang dibuat oleh berbagai asosiasi atau individu yang digunakan oleh para penulis atau peneliti. Suatu organisasi atau individu hanya memilih salah satu dan digunakan secara konsisten. Biasanya tiap organisasi memilih dan menetapkan gaya sitasi yang berbeda-beda. Beberapa dari gaya sitasi yang umum digunakan yaitu: APA (American Psychological Association), MLA (Modern Language Association), AMA (American Medical Association), Turabian, Harvard style, Chicago, IEEE style, dan masih banyak lagi gaya sitasi lainnya.


Saat ini sitasi menggunakan software pengelola referensi. Software pengelola referensi yaitu Mendeley. Keuntungan Mendeley sebagai software pengelola referensi ini sangat kompatibel dengan program pengolah kata Ms Word.

 

Mendeley sangat mudah dalam instalasi dan penggunaannya. Setelah proses instalasi selesai akan muncul kotak dialog untuk register, masukkan email dan password baru kita. Klik register, lalu kita akan langsung terhubung dengan website resmi Mendeley untuk membuat akun anggota. Pada proses “Create a Free Account” ini kita harus online dengan internet. Langkah selanjutnya adalah kita ketikkan data pribadi kita seperti nama, email, password dan klik get started. Lalu isi “field of study” atau disiplin ilmu yang kita minati. Kemudian akan muncul “Welcome to Mendeley” yang mengaharuskan kita untuk sign in menggunakan email dan password yang telah kita isikan di awal saat melakukan register. Untuk mempercepat proses kita bisa pilih “skip” untuk melewati proses import file sehingga akan langsung muncul tampilan antar muka Mendeley.

Cara Penggunaan Software Mendeley untuk membuat sitasi

  1.  Buka Aplikasi Mendeley yang telah di instal 

  2. Download beberapa jurnal yang ingin di masukkan kedalam karya ilmiah kita

  3. Kemudian "add" masukkan jurnal yang telah di download ke mendeley

  4. Buka Microsoft Word 

  5. Kutip beberapa kalimat atau paragraf kedalam laporan karya ilmiah

  6. Pilih reference di microsoft word

  7. Ketik insert citation

  8. masukkan judul, atau nama penulis, atau nama jurnal ke dalam mesin pencarian mendeley

  9. Secara otomatis mendeley akan menemukan jurnal yang telah di masukkan

  10. secara otomatis format citation di word akan muncul dan insert bibliography

  11. maka akan tertera di sebagai daftar pustaka sesuai dengan ketentuan sebagaimana mestinya

Software Mendeley memiliki tampilan yang ramah (user friendly) dan memiliki banyak kelebihan dan kemudahan diantaranya adalah membuat sitasi dan daftar pustaka otomatis untuk keperluan penulisan, karya ilmiah yang di upload pada Mendeley akan berurutan, dapat mencari tulisan di semua jurnal, detail metadata dari file yang kita upload akan diketahui secara otomatis.


Post a Comment

0 Comments