Apa yang di maksud dengan referensi ?

 

Perlu diketahu referensi sangatlah dibutuhkan dalam penyusunan suatu makalah atau karya ilmiah

Referensi adalah sesuatu yang digunakan pemberi informasi (pembicara) untuk mendukung atau memperkuat pernyataan dengan tegas. Referensi bisa berupa banyak hal, dari objek material, orang, peristiwa, aktivitas, hingga konsep abstrak.

Menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia), referensi adalah sumber acuan (rujukan, petunjuk). Sementara secara etimologi, kata yang berasal dari bahasa Inggris, “refer to” ini bisa diartinya sebagai “mengacu pada” atau “merujuk pada” sesuatu atau pernyataan seseorang. Dengan demikian, ini dapat diartikan sebagai sebuah rujukan yang menggambarkan informasi dari sumber terkait.


 

hai mom,guys,teman-teman

Kenapa sih referensi itu penting dalam penulisan sebuah karya ilmiah...

Karena referensi adalah informasi yang diberikan dalam catatan kaki atau daftar pustaka dari sebuah karya tertulis seperti buku, artikel, esai, laporan, orasi atau jenis teks lainnya, yang menyebutkan karya tulis orang lain yang digunakan dalam pembuatan teks tersebut.

Berikut pengelompokkan koleksi referensi berdasarkan sifat informasinya:

  1. Jenis bahan rujukan umum yang memuat informasi mengenai kata dan istilah.

  2. Jenis bahan rujukan umum yang memuat informasi mengenai sumber kepustakaan (literature).

  3. Jenis bahan rujukan umum lainnya, termasuk dalam kelompok ini adalah buku petunjuk ataupegangan, sumber biografi, sumber geografi dan direktori, statistik, buku tahunan, terbitan pemerintah dan badan-badan internasional, serta terbitan lainnya.

Nah, berkaitan dengan itu, di simpulkan bahwa selain bertujuan untuk 

  1. memperkuat atau mempertegas pernyataan, referensi bisa juga menjadi bentuk penghargaan bagi karya orang lain. Dimana para penulis dan peneliti telah menghabiskan waktu, pikiran, dan tenaga dalam membuat sebuah karya untuk menguatkan sebuah informasi menjadi hal yang valid di mata masyarakat. 
  2. Selain itu, referensi bisa juga ditujukan agar seseorang terhindar dari plagiarisme. Ini mengacu pada pengertiannya sebagai sumber informasi Ketika seseorang menggunakan informasi dari hasil karya orang lain, maka Ia harus mencantumkan sumber rujukan tulisannya.  

Disamping itu, tujuan lain dari menambahkan rujukan di dalam tulisan adalah untuk memberikan informasi lebih dalam kepada pembaca mengenai suatu topik. Dengan adanya referensi, maka pembaca dapat menggali informasi lebih jauh mengenai topik yang dibahas. 

Sumber Referensi

Berikut ini terdapat beberapa sumber referens, terdiri atas: 

Buku Bacaan

Buku adalah sumber referensi yang paling sering digunakan dan sangat di rekomendasikan untuk menulis. Selain buku sumber referensi, disarankan untuk menggunakan buku-buku terbitan terbaru sehingga teori yang dikutip adalah teori yang diperbarui atau penyesuaian dan penyempurnaan teori sebelumnya. 

 Surat Kabar/ Majalah 

Surat kabar atau majalah sebagai referensi jarang digunakan, karena sulit untuk menemukan teori atau argumen yang relevan dengan tulisan. Selain itu, surat kabar dan majalah jarang disimpan untuk waktu yang lama atau dirancang untuk disimpan seperti buku di perpustakaan. 

Jurnal

Jurnal penelitian juga dapat digunakan sebagai referensi, baik jurnal cetak maupun online. 

Internet 

Sumber referensi di Internet dapat digunakan dengan mempertimbangkan kredibilitas situs yang digunakan sebagai bahan referensi. Biasanya, penggunaan sumber dari Internet terbatas dalam penulisan artikel ilmiah tertentu, karena tulisan yang diambil dari Internet melalui situs web atau blog umumnya ditulis oleh para ahli yang tidak dapat memenuhi standar. ilmuwan. Meskipun dapat digunakan sebagai bahan referensi, umumnya jumlahnya sangat terbatas dan juga sangat ketat dalam pemilihan lokasi.

 Sekian.

 

 

 

 

 

Post a Comment

4 Comments

  1. nice info kak, bermanfaat banget terutama bagi pelajar yang masih bingung mencari referensi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih yaaa atas supportnya terutama buat adek adek bisa belajar lagi sehingga nantinya suatu saat bisa berprestasi kembali.

      Delete
  2. "umumnya jumlahnya sangat terbatas dan juga sangat ketat dalam pemilihan lokasi."
    maaf kak, maksudnya pemilihan lokasi itu bgmn ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Referensi dari internet bisa saja berasal dari negara negara di sana dan biasanya membatasi kita untuk menemukannya.

      Delete

Silahkan berikan komentar anda di artikel ini,sesuai dengan apa isi dari artikel.