10 Alasan Mengapa Kita harus Banyak Membaca

 

“Semakin banyak membaca maka akan semakin banyak yang kita tahu”. Begitulah  Kata – kata mutiara yang sering di dengar di kalangan kita guys, benar adanya, bahwa sudah pasti membaca buku, artikel-artikel yang bermanfaat jelas menambah pengetahuan kita.

Hai mom guys teman-teman, kapankah kamu terakhir kali membaca? Kemarin, minggu lalu, bulan lalu atau bahkan tahun lalu?

Nah, buat kamu yang sudah lama tidak membaca, sebaiknya kamu harus tahu bahwa beberapa penelitian telah membuktikan bahwa membaca berdampak besar bagi kehidupan manusia, di antaranya bagi kesehatan.

Di tengah teknologi yang semakin pesat ini, seharusnya semakin meningkatkan minat baca kita, karena dengan teknologi kita juga diberi kemudahan untuk membaca. Namun, hal ini terbalik. Justru kita lebih sering sibuk di media sosial, melakukan hal – hal yang kurang bermanfaat.

Mengapa kita harus banyak membaca, karena membaca bisa jadi hobi, dan pasti buat pintar. Selain itu masih banyak manfaat yang bisa kita dapatkan. 

1. Pastinya menambah pengetahuan

Semua hal yang kita baca pastinya menambah pengetahuan dan informasi buat kita. Apalagi bacaan yang berbau positif. Tentunya kita akan banyak mengetahui aspek kehidupan, dengan begitu kita bisa mengarungi dunia hanya dengan membaca.

Semakin banyak pengetahuan yang kita miliki, maka kita akan lebih siap dalam menghadapi tantangan hidup di masa sekarang dan yang akan datang.

2. Meningkatkan daya ingat

Dengan sering membaca kita akan lebih sering menjumpai kata – kata yang sama. Kita akan banyak membaca cerita yang berkaitan satu sama lain, sehingga ketika kita pernah mengingat suatu hal, maka jika kita membaca kembali hal yang berkaitan, maka ingatan tersebut saling menguatkan.

3. Menstimulasi kemampuan otak

Membaca dapat membuat otak kita tetap aktif dan bereaksi untuk melakukan fungsinya secara baik dan benar. Membaca adalah salah satu cara termudah untuk menstimulasi otak, bahkan dapat mencegah risiko pikun atau Alzheimer.

4. Mengurangi stress

Setelah menjalani kegiatan dalam seharian, mungkin akan merasa ada tekanan dan kelelahan. Hal ini dapat membuat manusia menjadi stress. Namun, kegiatan membaca dapat membuat pikiran menjadi tenang dan rileks sehingga membuat emosi kita berada pada tingkat stabil.

Ketika lelah, lebih menyenangkan kita membaca buku – buku novel, cerita, dan motivasi. Ada banyak jenis buku yang mampu mengurangi stress dan bisa menjadi hiburan untuk kita di kala stress.

5. Menambah kosakata

alasan mengapa harus banyak membaca

Membaca juga secara otomatis menambah kosakata di otak kita. Semakin banyak kita membaca, maka semakin sering kita mendengar kata – kata yang sama. Kemudian, ada saatnya kita mengetahui kosakata baru, baik itu dalam bahasa Indonesia maupun bahasa lainnya.

Tentunya dengan kosakata yang banyak kita miliki, kita akan memiliki kepercayaan diri yang lebih tinggi dalam hal berbicara, menyampaikan pendapat atau juga berpidato.

6. Memperkuat kemampuan analisis

Membaca juga terkadang membutuhkan analisis kita. Biasanya adalah cerita fiksi atau novel, kita dipaksa untuk berusaha menebak – nebak cerita yang selanjutnya, atau menebak akhir cerita. Tentunya ini akan melatih logika berpikir.

Terkadang kita dipaksa juga untuk menggunakan logika untuk mengetahui isi buku yang sebenarnya.

7. Melatih konsentrasi

Dalam setiap kegiatan kita membutuhkan konsentrasi agar dapat mencapai hasil maksimal, terutama ada kalanya suatu pekerjaan dilakukan harus dengan konsentrasi penuh.

Maka, untuk melatih konsentrasi kita perlu membaca sehingga kita hanya berfokus kepada yang kita baca. Misalnya membaca sebuah cerita, maka kita harus konsentrasi agar dapat mengetahui detail cerita dengan jelas.

8. Melatih kemampuan menulis

alasan mengapa harus banyak membaca

Kemampuan menulis dapat di gali jika kita banyak membaca buku yang kita senangi. Dengan sering membaca, maka kita sudah tahu tata cara penulisan yang baik. Bagaimana menyusun kata – kata yang benar. Terutama kepada penulis, jika ingin menjadi handal maka perlu membaca banyak hal, terutama karya – karya orang lain yang sesuai dengan bidang tulisan si penulis.

Kemudian dengan luasnya perbendaharaan kosa kata, maka kita dapat menulis dengan baik sesuai kosa kata yang dimiliki.

9. Memberikan ketenangan

Membaca juga akan memberikan dampak ketenangan. Contohnya membaca buku – buku spiritual akan memberikan pandangan hidup yang baru sehingga memacu kita untuk lebih semangat lagi.

10. Hiburan yang gratis

Dengan membaca akan berdampak ke segi keuangan, karena buku kita bisa miliki dengan murah bahkan gratis. Atau dapat kita akses dengan gadget kita. Bisa juga meminjam buku dari perpustakaan. Sehingga ketika kita memiliki waktu luang, kita bisa membaca tanpa pergi ke jalan – jalan ke bioskop, mall atau sebagainya.

Itulah 10 alasan mengapa kita harus banyak membaca. Jadi sudah tahukan, betapa pentingnya kegiatan membaca. Bisa dikatakan bahwa membaca adalah kegiatan wajib yang harus dilakukan.

Mari jadikan membaca jadi hobi.

 


Buku akan membuatmu lebih berwawasan dan memiliki pikiran yang terbuka dan luas. Selain menambah ilmu pengetahuan, buku akan membuat seseorang terhibur, terutama saat membaca buku bergenre fiksi seperti novel.

Tanpa kita sadari, membaca buku dapat memberikan banyak inspirasi bagi kita. Namun, kegiatan membaca buku akhir-akhir ini telah banyak diabaikan berbagai kalangan dengan alasan kesibukan.

Membaca buku juga kian, ditinggalkan karena karena adanya media yang lebih praktis untuk mendapatkan informasi seperti televisi, radio, maupun media internet.

Banyak Baca, Banyak Wawasan Dan Bagaimana Cara Memulainya

Membaca membuka wawasan. Minat membaca masyarakat Indonesia tergolong cukup rendah karena masih banyak orang yang tidak suka membaca buku padahal banyak baca, banyak wawasan. Stigma membaca hanya perlu ketika sekolah membuat orang enggan membaca buku karena identik dengan belajar. 

Faktanya membaca tidak hanya harus ketika sekolah saja. Ada banyak jenis buku dengan tema menyenangkan yang patut dibaca seperti novel atau kumpulan cerpen. Membaca buku, jenis apa saja, bermanfaat untuk menambah wawasan. Faktanya meski bisa membaca buku melalui gadget dengan format ebook, namun ternyata membaca buku fisik bisa meningkatkan pengetahuan dan daya ingat yang lebih baik. 

Bagaimana Bisa Banyak Baca, Banyak Wawasan?

Di era digital ini lebih banyak orang yang membaca status di sosial media ketimbang membaca buku. Padahal membaca buku membuka wawasan dan ilmu pengetahuan. Setiap kali Anda membaca, Anda akan mendapatkan fakta dan informasi baru. Informasi dan fakta baru ini bisa diketahui melalui membaca sehingga dengan membaca Anda secara langsung menambah wawasan melalui buku tersebut. 

Pengetahuan dan ilmu apa yang didapat tergantung dengan buku yang dibaca. Faktanya setiap buku mempunyai pengetahuan yang berbeda-beda. Sehingga semakin banyak buku yang dibaca, wawasan yang didapat akan semakin banyak pula.

Manfaat Membaca Yang Lain

Membaca tidak hanya memberikan menambah wawasan saja, namun juga memberikan banyak manfaat yang lain. Berikut ini beberapa manfaat membaca buku.

  • Membuka pola pikir baru – membaca akan mengubah pola pikir Anda. Dari wawasan yang didapat dari membaca, Anda akan lebih mudah melihat segala hal dari sisi yang berbeda. Faktanya orang yang gemar membaca buku mempunyai empati yang lebih baik karena mereka mampu berpikir dari sisi yang berbeda. Anda tidak lagi menerima informasi baru begitu saja, namun akan mencoba menggali informasi yang lebih dalam sebelum menelannya. Misalnya ada informasi bila setelah melaksanakan vaksinasi Covid-19 Anda perlu minum air kelapa muda untuk meminimalisir efeknya. Namun Anda yang gemar membaca akan mencari tahu terlebih dahulu kebenaran dari informasi tersebut dan tidak lantas percaya begitu saja. Dengan pola pikir yang lebih tajam, Anda tidak mudah terpengaruh dengan informasi palsu karena Anda sudah mendapatkan informasi yang lebih akurat dari membaca buku. 

  • Meningkatkan kesehatan otak – tidak hanya meningkatkan wawasan, membaca buku juga meningkatkan kesehatan otak dan meningkatkan daya ingat. Membaca bisa menjadi salah satu olahraga otak yang efektif untuk mencegah pikun dan masalah otak lain. Hal ini karena otak juga butuh olahraga dan membaca bisa menjadi pilihan agar otak tetap aktif. 

  • Menambah kosakata – tidak ada cara yang lebih baik untuk menambah kosakata selain dengan membaca. Banyak orang yang tidak menganggap pentingnya kosakata, namun kalau Anda ingin bisa menulis dengan baik kosakata sangatlah penting. Kosakata ini juga membantu Anda menjadi pembicara yang lebih baik. Dengan membaca Anda akan menemukan banyak kosakata baru. 

  • Meningkatkan kemampuan menulis – menulis tidak hanya sekedar merangkai kata saja, namun juga tentang menyusun alur yang mengalir dan enak dibaca. Seseorang yang pandai menulis pasti banyak membaca. Meskipun buku yang dibaca bukanlah tentang tulis menulis, namun Anda bisa mendapatkan contoh pemilihan alur yang benar, membuat kalimat efektif, membuat karakter, dan sebagainya dari buku yang dibaca. 

Cara Memulai Kebiasaan Gemar Membaca

Membaca bukanlah kemampuan yang diturunkan begitu saja. Kegiatan yang satu ini perlu pembiasaan jangka panjang. Membiaskan membaca memang paling mudah dimulai ketika anak-anak namun tidak ada salahnya memulai kebiasaan membaca ketika sudah dewasa dengan cara ini. 

  • Pilih jenis buku yang disuka – tidak ada hal yang lebih baik dari melakukan hal yang disuka. Sama halnya dengan membaca yang juga harus dimulai dengan buku yang disuka pula. Pilih buku dengan cerita favorit atau dari penulis yang disukai agar Anda semakin semangat untuk membaca. 

  • Buat jadwal membaca buku – membaca buku sebaiknya tidak hanya ketika sempat saja. Namun buat jadwal khusus untuk membaca buku. Sempatkan membaca buku misalnya sehari satu kali sebelum tidur. Alih-alih bermain gadget, Anda bisa membaca sebelum tidur untuk menambah wawasan dan juga membantu tidur lebih nyenyak. 

  • Bawa buku kemanapun – kalau Anda tidak bisa menemukan jadwal untuk membaca, Anda bisa membawa buku kemanapun. Anda bisa membaca buku dimanapun dan kapanpun.

  • Pilih teman yang suka baca buku – pertemanan juga bisa membantu Anda gemar membaca buku. Kelilingi diri Anda dengan orang yang aktif membaca buku sehingga Anda akan termotivasi untuk melakukan hal yang sama. Selain itu, teman yang gemar membaca buku bisa menjadi teman diskusi yang seru. 

Membaca buku memberikan segudang manfaat. Seperti ungkapan umum banyak baca, banyak wawasan, Anda bisa meningkatkan pengetahuan hanya dengan membaca buku. Mengawali kegemaran membaca buku memang terasa berat, namun Anda bisa mulai dengan buku bacaan ringan dari penulis favorit. Seiring dengan tumbuhnya minat baca, Anda bisa membaca buku jenis lain. Selain itu, membaca buku dengan cara yang kritis juga membantu meningkatkan pengetahuan karena Anda dituntut untuk berpikir dari sudut pandang yang berbeda.

 

 

 

 

 

 

Post a Comment

0 Comments