Manfaat Kesehatan Makan Pakai Sumpit

Hai mom guys teman-teman

Saat menyantap berbagai aneka mie instan kuah atau mie goreng dan yang paling favorit mie ramen misalnya menggunakan sumpit, sumpit juga bisa digunakan saat makan nasi ataupun lauk. Kebiasaan makan menggunakan sumpit ini bukan sekadar menjadi budaya saja di beberapa negara di Asia, namun ternyata ada segudang manfaat yang sangat berguna bagi kesehatan saat makan menggunakan sumpit.



Sumpit yang paling menyenangkan saat menyantap makanan yang biasanya terbuat dari bahan kayu  jika di ulik lagi lebih mendalam memang seperti sulit digunakan untuk mengambil makanan. Terlebih jika baru dan belum terlatih untuk menggunakannya. Dengan terbiasa menggunakan akan membuat kebiasaan jadi lebih baik saat makan dengan sumpit ini.

Berikut manfaat makan menggunakan sumpit bagi kesehatan

1. Membantu Menurunkan Berat Badan

Ada hal yang perlu dipertimbangkan bahwa Makan dengan berlebihan merupakan salah satu penyebab seseorang mengalami kenaikan berat badan dan dapat membuat terlihat lebih gemuk. Porsi  menggunakan sumpit dengan makan menggunakan sumpit, Anda bisa fokus untuk mengontrol porsi makan Anda, dan ketika Moms makan dengan potongan atau jumlah kecil dan makan sedikit, ini memberikan tubuh waktu yang diperlukan untuk memberikan sinyal pada otak bahwa sudah kenyang. Dengan demikian, Anda bisa berhenti makan dan merasa kenyang sehingga tidak makan berlebihan.

2. Melatih Koordinasi Otak

Selain dapat membantu menurunkan berat badan, makan menggunakan sumpit juga bermanfaat untuk tubuh. Kebiasaan makan ini dapat mengembangkan dan meningkatkan koordinasi otak dan tubuh, serta ketepatan saat Anda bergerak. Penggunaan sumpit pada saat makan membuat waktu makan Anda menjadi ajang melatih koordinasi saat memegang sumpit dapat melatih koordinasi otak.



3. Agar tidak tersedak

Mengigit makanan yang terlalu besar yang melebihi kemampuan mengunyah dapat berisiko menyebabkan tersedak. Makan menggunakan sumpit, risiko tersedak bisa terhindari karena saat Anda mengambil makanan dengan sumpit, porsi dapat di sesuaikan dengan porsi sumpit.

4. Mencegah Kembung

Ketika makan dengan cepat dan melahap atau menggigit makanan dalam ukuran yang besar, kita cenderung akan menelan banyak udara yang bisa menyebabkan kembung. Namun ketika kita makan menggunakan sumpit, gigitan makanan yang akan Anda makan tetap terkendali dan pengunaan sumpit juga bisa memastikan bahwa Anda mengambil gigitan yang lebih kecil dan dapat mengunyah makanan dengan benar.

Semoga dapat membuat makan kita jadi lebih sehat dan membuat pikiran lebih segar .

Selamat makan mom guys teman-teman.


Post a Comment

2 Comments

  1. Banyak ya manfaatnya bagi diri sendiri. Kadang sok-sokan pakai sumpit juga sih dan berasa happy aja.

    Btw jgn lupa berkunjung di blogku jg ya mba di allamandawi.com

    ReplyDelete
  2. seneng juga makan pakai sumpit walau ga begitu jago terutama makan yang kuah-kuah, tapi tetep seru dan asik😂

    ReplyDelete

Silahkan berikan komentar anda di artikel ini,sesuai dengan apa isi dari artikel.