Kenapa benchmarking ?

 

Pengertian, Tujuan, dan Manfaat Benchmarking

Adakah dari para penggemar blog yang pernah melakukan kegiatan yang satu ini? Aktivitas di dalamnya harus di lakukan di tengah pandemi . Nah Sebagian besar dari kita mungkin banyak yang belum mengerti tentang apa itu benchmarking saat mendengar atau membacanya.

Untuk itu, aku akan membahas seputar benchmarking, seperti pengertiannya dalam ilmu manajemen, berbagai jenis benchmarking dalam suatu perusahaan, fase dan proses dalam melakukan benchmarking, serta manfaat penerapan benchmarking dalam perusahaan. Untuk itu, baca terus artikel tentang benchmarking ini hingga selesai.

Kenapa aku mengikuti kegiatan yang namanya benchmarking berikut ulasan sedikit mengenai benchmarking dengan beberapa ulasan lengkap lainnya



Benchmarking
Adalah 😍

Pada dasarnya, benchmarking adalah kata serapan dari bahasa Inggris. Dilansir dari kamus cambridge benchmarking memiliki arti sebagai suatu patokan atau alat ukur. Berdasarkan akar katanya tersebut, maka bisa disimpulkan bahwa benchmarking adalah suatu patokan atau tolak ukur yang digunakan untuk menilai atau membandingkan hal tertentu.

Sementara itu, pengertian umum benchmarking adalah suatu standar atau tolak ukur yang dimanfaatkan untuk membandingkan antara satu hal dengan hal lainnya yang sejenis. Sederhananya, dengan menggunakan tolak ukur tersebut, maka berbagai hal akan bisa diukur dengan standar baku yang umum.

Itu artinya, benchmarking adalah suatu cara yang sangat sistematis atau suatu upaya penilaian performa pada layanan, produk atau proses perusahaan dengan membandingkannya dengan layanan, proses, atau produk dari kompetitor lain yang dinilai lebih baik dari perusahaan tersebut.

Jadi, tujuan yang paling utama dari melakukan benchmarking adalah demi meningkatkan nilai lebih perusahaan dengan cara memperbaiki performa usaha, meningkatkan produktivitas, memperbaiki kualitas produk dan pelayanan, serta hal lainnya dengan memanfaat performa dari kompetitor lain yang dianggap lebih baik.

Lebih lanjut

Langkah-Langkah Dalam Melakukan Benchmarking

Pertama yang harus Anda lakukan adalah memilih produk, layanan untuk bisa dijadikan sebagai tolak ukur. Kedua, tentukanlah skala bisnis dimana Anda harus melakukan perbandingan, atau di organisasi mana Anda ingin membandingkan bisnis Anda.

Ketiga, himpunlah seluruh informasi terkait performa internal kompetitor Anda. Keempat, lakukanlah perbandingan data antara perusahaan Anda dengan perusahaan kompetitor untuk bisa mendapatkan informasi tentang kesenjangan yang ada dalam performa perusahaan Anda. Terakhir, terapkanlah seluruh proses dan kebijakan yang dilakukan oleh kompetitor yang Anda nilai paling baik.

Setelah Anda melakukan serangkaian langkah diatas, maka nantinya benchmarking akan menunjukkan adanya perubahan paling signifikan. Namun, pilihannya ada pada diri Anda sendiri, ingin menerapkannya ataukah tidak.

 

jadi benchmarking adalah suatu kegiatan yang dilakukan untuk menilai, mengukur, dan membandingkan performa yang dilakukan oleh individu, unit kerja, departemen, atau organisasi tertentu.

Umumnya, tujuan benchmarking adalah guna memberikan informasi pada organisasi terkait produk atau performanya saat ini. Sehingga, perusahaan bisa melakukan evaluasi dan menemukan cara yang paling tepat untuk meningkatkan performa atau kualitas produk.

Namun, kegiatan benchmarking ini juga harus dilakukan dengan seluruh aspek manajemen perusahaan yang baik, termasuk manajemen keuangan.
 
 
Semoga Ilmu Ini bermanfaat untuk kegiatan.... 

 

 


Post a Comment

0 Comments