Food Junk Food

 

Volume 1 | Issue 1

Date

Junk food

 

Makanan halal dan siap saji

Pengertian

Akhir akhir ini tahun 2021 Aktivitas banyak di batasi di luar,



 

 

 

 

 

 

 

 

 

Selama ini fast food sering dijadikan solusi dalam memenuhi kebutuhan pangan bagi masyarakat yang sibuk. Tapi di sisi lain, fast food juga sering dikaitkan dengan junk food, yaitu makanan dengan kalori dan lemak yang tinggi tapi tidak memiliki nutrisi esensial yang dibutuhkan oleh tubuh.

Sehingga, fast food kerap dikaitkan sebagai penyebab obesitas dan berbagai masalah kesehatan lainnya. Oleh karena itu, banyak masyarakat yang kemudian sangat menghindari fast food.

Padahal sejatinya, tidak masalah bagi kita untuk mengonsumsi fast food, sebab fast food tidaklah selalu buruk. Bahkan sebaliknya, fast food memiliki sejumlah manfaat bagi kesehatan maupun sosial.

1. Konsumsi fast food jauh lebih baik daripada melewatkan makan

 

 

Fast food atau makanan cepat saji bisa jadi pilihan untuk kamu yang sibuk dan tidak sempat memasak. Sebab, sudah tentu fast food memiliki waktu penyajian yang cepat, bahkan bisa dijadikan bekal. Jadi, konsumsi fast food bisa jadi pilihan yang baik daripada melewatkan makan.

Sebab, melewatkan makan dapat menyebabkan tubuh kehilangan beberapa nutrisi penting, kelelahan, dan tidak fokus dalam melakukan aktivitas. Jadi, asalkan kamu pandai memilih fast food dan tidak berlebihan dalam mengonsumsinya, fast food tidak selalu buruk.

2. Harganya relatif murah dan dapat dijangkau bagi sebagian besar masyarakat

Makanan cepat saji adalah salah satu produk makanan paling terjangkau yang bisa kamu temukan di banyak tempat saat ini. Oleh karena itu, makanan cepat saji atau fast food sebenarnya bisa jadi solusi untuk mengatasi masalah kelaparan bagi beberapa golongan masyarakat.

Kemudian untuk kamu yang suka nongkrong sambil makan, jauh lebih baik kalau kamu nongkrong sambil makan siang di restoran cepat saji, daripada kafe atau restoran mewah, terlebih saat sisa tabunganmu tinggal pas-pasan.

3. Beberapa industri makanan cepat saji sudah menyajikan informasi nutrisi pada tiap produknya

 

 

 

 

 

 

Selama ini fast food kerap dikaitkan dengan makanan yang tinggi kalori. Untungnya, sekarang ini sudah banyak restoran yang berkenan menjawab keluhan ini dengan menyajikan informasi nutrisi pada tiap menu mereka. Seperti jumlah kalori, lemak, hingga kandungan nutrisi esensial agar konsumen dapat mengira-ngira dan menyesuaikan porsi makanan mereka. Dengan begitu, kandungan nutrisi makanan cepat saji bukanlah masalah yang perlu dikhawatirkan konsumen.

4. Banyak pilihan menu makanan cepat saji yang sehat

Sebelumnya, makanan cepat saji identik dengan menu yang asal mengenyangkan tapi minim nilai gizi. Tapi sekarang, kamu bisa menemukan berbagai menu fast food yang sehat dan tinggi nutrisi.

Sudah banyak restoran cepat saji yang menyediakan menu makanan sehat, seperti salad, yogurt, produk susu, olahan daging yang sehat, produk fermentasi, sushi, dan masih banyak lagi. Jadi, kalau selama ini kamu khawatir akan kandungan gizi makanan cepat saji, kamu bisa memilih menu di atas yang terbukti lebih sehat.

5. Umumnya fast food memiliki rasa yang lezat dan mampu meningkatkan nafsu makan

Harus diakui, selain murah, makanan cepat saji umumnya juga memiliki rasa yang lezat dan meningkatkan nafsu makan, sehingga diminati oleh masyarakat dari berbagai golongan. Untuk itu, makanan cepat saji bisa jadi pilihan untuk kamu saat sedang tidak nafsu makan, sakit, bad mood, atau untuk anak-anak yang kesulitan makan.

Nah, ternyata konsumsi fast food tidak selalu buruk bukan? Untuk itu, kamu tidak harus antipati terhadap fast food, asalkan tidak dikonsumsi secara berlebihan dan diselingi dengan menu sehat lainnya.

 

Post a Comment

0 Comments